Penyakit Komplikasi Diabetes Pada Wanita Hamil

Diabetes atau penyakit yang sering disebut dengan penyakit gula merupakan salah satu penyakit yang mematikan karena berkaitan dengan pankreas. Pankreas adalah kelenjar ludah perut yang terletak di belakang rongga perut dan berfungsi menghasilkan enzim pencernaan dan hormon penting lainnya seperti insulin. Sementara insulin merupakan hormon yang berfungsi membantu tubuh untuk menyimpan kandungan makanan agar tidak ikut larut di dalam air seni. Hormon ini sangatlah penting untuk proses metabolisme di dalam tubuh.

Penyakit komplikasi diabetes pada wanita hamil
Image Source: pixabay.com
Agar dapat bertahan hidup, penderita diabetes harus melakukan beberapa hal diantaranya adalah menyediakan insulin dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya. Penyakit diabetes juga dapat menimbulkan berbagai komplikasi, baik yang bersifat akut maupun kronik seperti kerusakan pembuluh darah jantung, hati, ginjal maupun otak. Kondisi ini tentunya sangat berbahaya apalagi terjadi komplikasi diabetes pada wanita hamil, karena selain menyerang ibu diabetes juga dapat berimbas pada janin sehingga dapat menyebabkan keguguran.

Komplikasi diabetes pada masa kehamilan biasanya disebabkan karena adanya infeksi yang dapat menyerang ibu seperti infeksi mycosis alat kelamin, masalah gigi dan gusi serta cystitis. Selain itu, ibu hamil juga sering mengalami hipertensi, gangguan pernapasan, gangguan penglihatan, kerusakan ginjal dan hati. Bayi yang dilahirkan terkena diabetes biasanya memiliki berat yang lebih besar jika dibandingkan dengan bayi pada umumnya sehingga membuat bayi tidak bisa dilahirkan secara normal.

Oleh karena itu, wanita hamil sangat dianjurkan untuk rutin mengontrol kadar gula darah dan selalu menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat untuk ibu dan janinnya. (Baca Juga: Cara Mengobati Sakit Maag saat Hamil)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D