Pantangan Makanan Menurut Golongan Darah AB

pantangan golongan darah ABPembaca tentunya sudah mengetahui bahwa setiap orang memiliki golongan darah yang berbeda-beda. Golongan darah manusia terdiri dari golongan darah A, golongan darah B, golongan darah AB dan golongan darah O.

Setiap golongan darah mempunyai pantangan dalam mengonsumsi makanan karena setiap golongan darah mempunyai kadar kepekatan darah yang berbeda-beda. Berikut ini akan dijelaskan mengenai pantangan golongan darah AB. Berikut penjelasannya :

Buah-buahan:

1. Pisang 

Pisang adalah buah yang pantang dikonsumsi bagi mereka yang memiliki golongan darah AB, hal itu disebabkan karena kandungan di dalam buah pisang dapat membuat produksi asam lambung yang lebih banyak.

2. Jambu biji 

Sistem pencernaan pemilik golongan darah AB berpotensi sulit untuk menyerap dan mencerna kandungan protein, karbohidrat, mineral, kalsium dan lemak yang terdapat di dalam jambu biji. Jika mengonsumsi jambu biji secara terus-menerus akan memicu adanya gangguan pencernaan.

3. Mangga

Sama seperti pisang, mangga memiliki kandungan nutrisi yang berfungsi untuk memproduksi asam lambung lebih banyak. Hal itu disebabkan karena orang yang memiliki golongan darah AB organ pencernaanya bekerja lebih keras dalam menghasilkan asam lambung.

Makanan dari jenis daging dan jenis unggas seperti :

1. Daging babi dengan jeroan

Daging babi tidak hanya dilarang dikonsumsi pemilik golongan darah AB saja, tetapi sangat dilarang untuk dikonsumsi semua orang karena daging babi dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah serta mengandung cacing pita yang tidak bisa mati.

2. Daging asap dengan semua olahannya

Berbagai macam olahan daging asap berbahaya jika dikonsumsi pemilik golongan darah AB. Hal itu disebabkan karena adanya kandungan lemak dan sodium tinggi sehingga, tidak baik untuk dikonsumsi.

3. Daging angsa dan daging bebek 

Daging angsa dan daging bebek memiliki kandungan tinggi lemak dan mengandung lektin imunoreaktif-B. Semua kandungan tersebut tidak sesuai dengan sistem pencernaan golongan darah AB.

4. Daging burung puyuh dan burung dara

Sama seperti daging angsa dan daging bebek, daging burung puyuh dan burung dara memiliki kadar kolesterol tinggi sehingga tidak baik bagi sistem pencernaan golongan darah AB.

Makan dari jenis hewan yang hidup di perairan seperti:

1. Ikan teri tawar

Ikan teri tawar memiliki kandungan antigen yang tidak sesuai dengan golongan darah AB karena lektinnya yang tidak selaras. Hal tersebut akan menyebabkan terjadinya penyerangan terhadap organ tubuh dan sistem pencernaan.

2. Kakap hitam

Selain mengandung protein tinggi, ikan kakap hitam juga mengandung banyak merkuri sehingga, akan berpengaruh terhadap kesehatan sistem syaraf.

3. Belut

Belut merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Di dalam 100 gram belut terdapat protein hewani sebanyak 27 gram. Kandungan protein tinggi akan beresiko terhadap penyakit jantung, stroke dan hipertensi.

4. Udang

Udang termasuk golongan makanan berlemak tinggi yang beresiko terhadap penyakit stroke.

Makanan dari jenis telur & olahan susu seperti :

1. Susu sapi murni

Susu sapi murni memiliki kandungan air yang tinggi sehingga akan merangsang produksi lendir di dalam tubuh. Selain itu, susu sapi murni memiliki kandungan kalsium karbonat yang sulit dicerna.

2. Mentega

Mentega mengandung protein dan lemak tinggi, kandungan tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah.

3. Keju

Keju mempunyai kandungan lemak, protein, kalori yang tinggi. Jika mengkonsumsinya secara berlebihan akan menimbulkan adanya lendir yang beresiko adanya tumpukan kadar kolesterol di dalam darah. Selain itu, kandungan protein yang berlebihan akan sulit untuk dicerna oleh organ pencernaan.

Makanan yang telah disebutkan di atas bukan berarti tak boleh dikonsumsi sama sekali. Jika ingin mengonsumsi makanan tersebut, konsumsilah secara bijaksana dengan porsi yang tidak berlebihan. (Baca Juga: Makanan untuk Menambah Sel Darah Merah )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D