Manfaat Senam Aerobik bagi Wanita Kurus dan Gemuk

Senam aerobik merupakan senam yang mempunyai banyak penggemar khususnya bagi para wanita. Selain menyehatkan, senam aerobik juga berguna untuk kebugaran tubuh. Senam aerobik merupakan olahraga yang memakai banyak gerakan kelincahan. Saat melakukan gerakan tersebut akan membutuhkan banyak energi. Senam aerobik juga mempunyai tahap pemanasan dan pendinginan. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai manfaat senam aerobik bagi wanita.
Manfaat senam aerobik bagi wanita kurus dan gemuk
Image Source: pixabay.com

1. Membentuk Tubuh

Senam aerobik adalah senam yang setiap gerakannya membutuhkan stamina dan kelincahan. Gerakan di dalam senam ini adalah gerakan yang membutuhkan banyak energi. Senam aerobik berguna untuk menyehatkan serta membentuk tubuh agar tetap ideal. 

2. Mengurangi Berat Badan

Gerakan pada saat melakukan senam aerobik mampu membakar banyak kalori dan lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Bagi orang yang memiliki berat badan lebih dapat melakukan senam ini secara rutin karena berguna untuk mengurangi dan menurunkan berat badan.

3. Meningkatkan Fungsi Jantung

Saat melakukan senam aerobik jantung akan berdetak lebih cepat karena adanya banyak gerakan yang dilakukan. Jika jantung berdetak lebih cepat dapat menghilangkan penyumbatan pada  pembuluh darah, karena jantung terpompa lebih cepat dan dapat mengedarkan darah ke seluruh tubuh dengan teratur.

4. Meningkatkan Kinerja Paru-paru

Paru-paru merupakan salah satu organ pernapasan. Senam aerobik bermanfaat untuk meningkatkan kinerja paru-paru karena pada saat melakukan gerakan senam aerobik dibutuhkan energi ekstra serta dapat memacu hembusan nafas semakin lancar dan ringan sehingga, dapat meningkatkan kinerja paru-paru.

5. Mengurangi Penurunan Kognitif

Penurunan kognitif adalah penurunan mental dan sifat manusia seperti frustasi, stres, hingga depresi. Senam aerobik merupakan olahraga yang menyenangkan sehingga, berfungsi untuk mengurangi penurunan kognitif yang sedang dialami.

6. Mencegah Berbagai Penyakit

Senam aerobik merupakan olahraga yang menyehatkan dan berfungsi untuk mencegah berbagai penyakit seperti diabetes, hipertensi, stroke, penyakit jantung dan berbagai penyakit lainnya.

Senam aerobik adalah salah olahraga yang membutuhkan banyak energi, oleh karena itu sangat penting untuk memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat. Bagi orang yang baru pertama kali melakukan senam aerobik pastinya akan mengalami berbagai macam cedera otot seperti nyeri karena belum terbiasa melakukannya. Namun, pada dasarnya otot yang sering bergerak akan terbiasa dan akan membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Gerakan pada senam aerobik terdiri dari gerakan-gerakan yang mudah di hafal, semua orang bisa melakukan senam ini di rumah dengan berbekal informasi dan gerakan yang benar. (Baca Juga: Manfaat Senam Zumba Dance )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D