Manfaat Mengkonsumsi Tempe Setiap Hari

Tempe, siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Makanan khas dan asli Indonesia ini sudah mulai terkenal di seluruh dunia. Di negara maju seperti Amerika dan Eropa, tempe banyak disukai terutama bagi para vegetarian disana. Mungkin karena rasanya yang nikmat dan kandungan gizi di dalamnya tidak kalah dengan makanan yang lainnya.

Manfaat Mengkonsumsi Tempe Setiap HariTempe merupakan makanan hasil fermentasi yang berbahan dasar kedelai. Dari proses fermentasi inilah tempe memiliki kandungan probiotik atau bakteri baik di dalamnya yang baik juga untuk kesehatan tubuh. Dari kandungan tersebut tempe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu, tempe yang berbahan dasar kedelai juga tinggi akan kandungan protein di dalamnya. Nah, apa saja manfaat tempe bagi kesehatan tubuh? Simak jawabnya berikut ini!

  • Sumber Energi

Nah, bagi yang lagi piknik atau lagi menjalankan program diet, tempe merupakan makanan yang cocok. Sebab, di dalam tempe terdapat kandungan vitamin B2 yang memiliki manfaat untuk membantu proses metabolisme energi dalam tubuh. Jadi, tempe juga dapat menjadi sumber energi nabati yang baik. Selain itu, tempe juga cocok digunakan sebagai menu program diet.

  • Menurunkan Kolesterol

Protein nabati dari tempe dapat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah. Sehingga dapat mencegah terjadi penyumbatan pada pembuluh darah yang akan berakhir dengan penyakit jantung. Selain itu, tempe juga dapat meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam darah dan dapat pula menurunkan kadar gula dalam darah.

  • Mencegah Kanker

Adanya kandungan antioksidan di dalam tempe, jenis isoflavon membuat tempe memiliki manfaat untuk mencegah radikal bebas akibat polusi yang dapa pula memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Sehingga kandungan isoflavon tersebut dapat berfungsi untuk mencegah beberapa macam jenis kanker seperti kanker payudara, kanker rahim dan kanker prostat.

  • Mencegah Hipertensi

Tempe ternyata dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sebab adanya kandungan magnesium di dalam tempe. Kandungan tersebut memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya hipertensi dan mencegah terjadinya pembekuan darah. Jadi, apabila ingin terhindar dari hipertensi konsumsilah tempe. Namun jangan terlalu banyak ya, secukupnya saja.

  • Melancarkan Pencernaan

Tempe yang berbahan dasar kedelai memiliki kandungan serat yang cukup tinggi di dalamnya. Serat tersebut memiliki manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, serat di dalamnya juga bermanfaat untuk mengikat lemak dalam tubuh. Alhasil berat badan akan tetap terjaga dan cocok untuk program diet.

  • Mencegah Gejala Menopause

Selain dapat mencegah tumbuhnya sel kanker, kandungan zat antioksidan, isoflavon di dalam tempe ternyata juga dapat mencegah gejala menopause yang biasa terjadi pada para wanita. Kandungan isoflavon tersebut dapat berguna untuk mengatur estrogen.


Itulah tadi beberapa manfaat tempe bagi kesehatan. Jadi, tempe merupakan produk makanan asli Indonesia yang kaya akan manfaat bagi kesehatan. So, apa salahnya jika mengkonsumsi tempe dalam kehidupan sehari – hari. Semoga bermanfaat! (Baca Juga: Manfaat Makan Telur Setiap Hari )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D