Manfaat Makan Sayur Buncis untuk Kesehatan

manfaat sayur buncisBuncis merupakan salah satu jenis sayuran yang digolongkan dalam keluarga polong-polongan, sayuran ini memiliki nama latin Phaseolus Vulgaris yang sangat cocok ditanam di dataran medium maupun dataran tinggi tanaman ini digolongkan menjadi dua jenis, yaitu buncis yang tumbuh merambat dan tumbuh tegak.

Menurut sejarahnya sayuran ini berasal dari wilayah Amerika Selatan kemudian diperkenalkan oleh penjajah Spanyol ke seluruh wilayah Eropa hingga tersebar di Negara Indonesia. Biasanya sayuran ini dikonsumsi menjadi campuran sup, tumis dan salad sayur karena rasanya yang enak. Selain itu, buncis juga mempunyai banyak kandungan nutrisi sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan nutrisi di dalam buncis terdiri dari sumber vitamin, serat, lemak, molibdenum, mineral, karbohidrat dan lain sebagainya. Untuk mengetahui lebih jelasnya berikut ini akan diberikan informasi mengenai manfaat buncis bagi kesehatan.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan asam folat di dalamnya dapat menjaga agar jantung tetap sehat sehingga sirkulasi dan tekanan darah menjadi stabil dan terkontrol.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Adanya kandungan vitamin B1, B2 dan vitamin C berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, kuman dan bakteri.

3. Meningkatkan Sistem Metabolisme

Kandungan mineralnya terdiri dari kalium, magnesium, mangan, dan zat besi yang berfungsi untuk meningkatkan sistem metabolisme serta dapat meningkatkan kinerja organ-organ tubuh.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan seratnya memiliki kemampuan untuk melancarkan sistem pencernaan dengan baik, menyehatkan organ-organ pencernaan, mencegah sembelit serta dapat mengurangi kadar kolesterol.

5. Mengatasi Batu Ginjal

Serat yang dimiliki juga memiliki kemampuan untuk melarutkan batu ginjal dan dapat mencegah terjadinya pembentukan batu pada organ ginjal sehingga para ahli menyarankan para penderita batu ginjal untuk mengkonsumsinya.

6. Mengontrol Glukosa

Kadar protein yang dimiliki dapat diserap sempurna oleh tubuh sehingga sangat bermanfaat untuk mengontrol glukosa atau kadar gula di dalam darah.

7. Menurunkan Berat Badan

Sayuran ini mempunyai kandungan kalori yang cukup rendah sehingga sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang memiliki berat badan yang berlebihan dan sangat cocok dikonsumsi sebagai salah satu menu diet sehat.

8. Menjadi Terlihat Awet Muda

Kandungan antioksidan di dalamnya berperan untuk menangkal terjadinya radikal bebas sehingga dapat membuat kulit lebih sehat dan terlihat awet muda.

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari buncis, cobalah untuk mengkonsumsinya secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal. Buncis merupakan salah satu jenis sayuran yang mempunyai manfaat sama seperti bahan makanan lainnya, oleh karena perlu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan dengan mengkonsumsi bahan makanan lainnya sesuai dengan semboyan 4 sehat 5 sempurna. (Baca Juga: Manfaat Konsumsi Kacang Panjang bagi Tubuh  )

Advertisement

Artikel Lainnya :-D