Manfaat, Kandungan Gizi, dan Efek Samping Makan Jengkol

kandungan nutrisi dan bahaya jengkol
Sebagian besar masyarakat Indonesia tentunya sudah mengetahui tentang jengkol, makanan ini memiliki bau khas yang begitu menyengat sehingga banyak orang yang membecinya. Bentuknya memang menyerupai pete namun agak sedikit besar.

Di balik baunya yang begitu menyengat jengkol mempunyai kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, fakta lain juga mengungkap bahwa makanan ini juga mempunyai kandungan yang berbahaya dan kurang baik bagi kesehatan tubuh.

1. Sumber Vitamin

Makanan ini kaya akan kandungan sumber vitamin yang terdiri dari vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Semua kandungan vitamin tersebut mempunyai banyak dan fungsi tersendiri bagi kesehatan tubuh.

2. Sumber Protein

Kandungan protein yang dimiliki lebih tinggi dengan kandungan protein yang terdapat dalam kacang kedelai karena di dalam 100 gram jengkol terdapat kandungan protein sebanyak 23,3 gram. Protein mempunyai kemampuan untuk  mengganti sel-sel rusak dan dapat membentuk jaringan baru sehingga dapat meningkatkan kinerja organ-organ tubuh.

3. Sumber Kalsium

Di dalam 100 gramnya terdapat kandungan 140 mg kalsium yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi agar tetap sehat, kuat serta terhindar dari berbagai gangguan penyakit karena tubuh manusia memerlukan asupan kalsium dalam jumlah besar.

4. Mempunyai Kandungan Fosfor

Fosfor merupakan salah satu senyawa yang memiliki fungsi yang hampir sama dengan kalsium, yaitu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Di dalam 100 gram jengkol terdapat kandungan fosfor sebanyak 166,7 mg.

5. Mempunyai Kandungan Zat Besi

Zat besi juga merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh karena berperan untuk mengangkut oksigen di dalam darah, jika tubuh kekurangan zat besi tentunya akan menjadi lemas, lesu, dan pucat, ciri-ciri tersebut disebut dengan gejala anemia.

Selain mempunyai banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, jengkol merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki efek samping. Hal tersebut disebabkan karena adanya asam jenkolat atau jengkolic acid yang sama persis dengan asam urat yang mempunyai konsentrasi tinggi sehingga menyebabkan terjadinya kristal-kristal urine, jika dikonsumsi terus menerus-menerus dalam jumlah banyak dapat terjadi pembentukan batu ginjal. 

Meskipun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ternyata jengkol mempunyai kandungan yang berbahaya sehingga tetap konsumsilah dalam porsi secukupnya dan tidak berlebihan. (Baca Juga: Khasiat Makan Jamur bagi Kesehatan Tubuh  )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D