Manfaat Kacang Pinus Batu Bagi Kesehatan Tubuh


Kacang pinus merupakan bentuk dari biji pohon pinus yang dapat dikonsumsi. Namun, kacang pinus belum dibudidayakan secara komersil karena masih terbatas dengan jumlah dari hasil dan ukurannya. Kacang pinus mempunyai kandungan nutrisi yang bermacam-macam sesuai dengan jenisnya, salah satunya adalah kacang pinus batu yang mempunyai kadar protein tinggi dan mempunyai sumber serat pangan yang signifikan.


manfaat kacang pinus batu


1.    Meningkatkan Energi

Di dalam kacang pinus terdapat kandungan energi yang mampu membantu memperbaiki dan membantu jaringan di dalam tubuh, dimana terdapat kandungan protein yang berfungsi untuk melakukan pembakaran secara perlahan sehingga berpengaruh pada penyimpanan energi di dalam tubuh.

2.    Menekan Nafsu Makan

Kandungan asam lemak esensia di dalamnya dapat menghilangkan rasa lapar sehingga dapat dikonsumsi untuk orang yang sedang melakukan diet sehat.

3.    Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Jantung

Di dalam kacang pinus terdapat kandungan vitamin E yang berfungsi untuk mempertahankan sel-sel yang sehat dan dapat memerangi penyakit. Sementara kandungan lemak tak jenuh tunggal di dalamnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke.

4.    Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Kandungan vitamin dan mineral esensial di dalamnya, seperti vitamin B2, vitamin D, kalium dan seng. Semua zat tersebut dapat menghancurkan radikal bebas yang berlebihan di dalam tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya penuaan dini.

5.    Meningkatkan Penglihatan

Kacang  pinus mempunyai kandungan zat lutein dan karotenoid kuning yang berguna untuk menyaring sinar UV sebelum terjadi kerusakan makula, sehingga dapat mengulur degenerasi makula terkait dengan faktor usia manusia. Selain itu, zat beta-karoten di dalamnya dapat melindungi kesehatan mata dimana sebelumnya zat dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A.

6.    Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan di dalamnya berguna untuk menangkal radikal bebas sehingga dapat mencegah berbagai macam penyakit seperti kanker. 

Selain enak untuk dikonsumsi, kacang ini juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. (Baca Juga: Khasiat Kacang Mede Goreng untuk Kesehatan)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D