Manfaat Kacang Pecan bagi Kesehatan Tubuh


Kacang pecan merupakan jenis kacang yang terkenal di Amerika, biasanya diolah menjadi berbagai camilan, isi pie dan isi kalkun panggang. Kacang ini mempunyai rasa yang gurih sehingga membuat orang yang memakannya menjadi ketagihan. Meskipun kacang ini banyak terdapat di Amerika, kacang pecan juga sudah bisa didapatkan di toko bahan kue dan pasar swalayan terdekat. Biasanya kacang ini dijual dalam kemasan kaleng, plastik dan eceran.
Di dalam kacang pecan terdapat kandungan sumber nutrisi vitamin, mineral, serat dan asam lemak oleat. Oleh karena itu, kacang pecan memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

manfaat kacang pecan

1.    Mengatasi Penyakit Jantung

Kacang pecan berguna untuk mengatasi sel-sel syaraf jantung yang rusak dengan mengganti dengan sel-sel baru. Selain itu, kadar lemak sehat (asam oleat) di dalamnya berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung.

2.    Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Mengkonsumsi kacang pecan secara teratur berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat sebesar 16% dan dapat mencegah terjadinya penyakit stroke. Pernyataan ini telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan di New Mexico University terhadap penderita hiperlipidemia.

3.    Mencegah Kanker

Kacang pecan memiliki sifat anti-poliferasi asam ellagic yang berfungsi untuk mengikat DNA karsinogen tertentu seperti hidrokarbon aromatic polisklik dan nitrosamine. Sifat tersebut akan membuat tubuh terhindar dari penyakit kanker.

4.    Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat tinggi di dalam kacang pecan memiliki kemampuan untuk melancarkan sistem pencernaan, melancarkan buang air besar, dan dapat menyehatkan organ-organ pencernaan.

5.    Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin E di dalam kacang pecan memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan kulit sehingga dapat mencegah terjadinya penuaan dini.

Meskipun mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun tetap konsumsilah secara bijaksana dengan porsi yang tidak berlebihan. (Baca Juga: 12 Khasiat Kacang Almond untuk Kesehatan Tubuh)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D