Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Ketika sedang melakukan aktivitas fisik yang berat seperti berolahraga, tubuh akan kehilangan banyak energi dan nutrisi. Oleh karena itu, setelah berolahraga tubuh perlu makanan penganti energi yang terbakar saat berolahraga. Tidak semua jenis makanan baik dikonsumsi setelah berolahraga karena salah memilih makanan tubuh akan kesulitan untuk mengembalikan energi yang hilang.

makanan yang tidak boleh dikonsumsi setelah olahraga

1.    Makanan ringan dengan rasa asin

Makanan asing memang bermanfaat untuk menambah potassium di dalam tubuh yang hilang melalui keringat ketika berolahraga. Namun, sebagian besar makanan ringan tinggi akan kandungan kalori sehingga memperbanyak kalori di dalam tubuh. Hal tersebut akan membuat olahraga menjadi sia-sia. Untuk mengganti potassium yang hilang sebaiknya konsumsilah buah pisang karena di dalamnya terdapat kandungan tinggi potassium.

2.    Cokelat batang

Meskipun memiliki rasa yang enak, cokelat batang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi setelah berolahraga karena kandungan kalorinya yang tinggi hanya akan membuat olahraga yang dilakukan menjadi sia-sia.

3.    Minuman manis dan bersoda

Mengkonsumsi minuman yang manis dan bersoda hanya akan menggagalkan impian untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal karena adanya kandungan kalori tinggi di dalamnya. Selain itu, minuman bersoda juga dapat berakibat buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi secara terus-menerus dalam waktu panjang.

4.    Junk food

Semua makanan cepat saji atau junk food mengandung kolesterol tinggi dan mengandung banyak lemak sehingga dapat menganggu proses pembentukan otot tubuh.

5.    Roti putih

Setelah berolahraga tubuh membutuhkan banyak glikogen, sementara di dalam roti putih hanya terdapat kandungan karbohidrat dan tidak memiliki nutrisi yang diperlukan oleh tubuh setelah berolahraga.

6.    Daging Merah

Daging merah merupakan salah satu jenis makanan yang paling sulit dicerna oleh tubuh sehingga tidak bisa diubah menjadi sumber energi dalam waktu cepat.

Jika tidak ingin olahraga yang sudah dilakukan menjadi sia-sia, hindari mengkonsumsi makanan tersebut setelah  berolahraga. (Baca Juga: Manfaat Olahraga Lari di Pagi Hari untuk Diet & Kesehatan)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D