Makanan Diet untuk Golongan Darah O




Diet yang dilakukan menurut jenis golongan darah berfungsi agar tubuh mudah menyerap nutrisi yang ada di dalam makanan yang sesuai dengan golongan darah. Biasanya program diet seperti ini dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Pada awalnya, diet menurut golongan darah diperkenalkan pada tahun 1996 oleh Dr. Peter J.D’Aamo yang merupakan natrupatis yang berasal dari Amerika. Menurut Peter, setiap makanan mengandung lektin yang memberikan pengaruh berbeda untuk setiap golongan darah. Apabila lektin tersebut tidak cocok dengan golongan darah maka akan terjadi pengumpalan darah sehingga akan membahayakan tubuh seseorang yang sedang menjalankan program diet.

makanan diet untuk golongan darah O

Setiap diet golongan darah berbeda dengan golongan darah lainnya, bagi mereka yang mempunyai golongan darah O dianjurkan untuk memilih makanan-makanan sebagai berikut :

1.    Sayur-sayuran

Jenis sayuran yang cocok dikonsumsi sebagai menu diet untuk golongan darah O adalah selada, brokoli, seledri, jagung, terong, tomat, kailan, dan lobak cina.
   
2.     Kacang-kacangan

Sementara untuk jenis kacang-kacangan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi adalah kacang merah, kacang hijau, dan kacang polong.

3.    Daging

Pemilik golongan darah O yang sedang melakukan program diet, dianjurkan untuk mengkonsumsi daging sapi dan daging unggas sebagai sumber protein hewani.

4.     Buah-buahan

Alpukat, strawberry, apel dan jeruk adalah jenis buah yang diperbolehkan untuk dikonsumsi. Namun, sebaiknya hindari buah-buahan seperti jambu biji, jeruk mandarin, blewah, blueberry dan cherry.

5.    Ikan

Hasil tangkapan perairan yang cocok dikonsumsi orang yang menjalankan program diet golongan darah O adalah belut, ikan sarden, ikan mas, udang, ikan tuna dan lobster.

Meskipun ada banyak jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi pelaku diet golongan darah O, namun juga ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari seperti mentimun, pisang raja, kacang tanah, jamur, kentang, kacang mede, telur bebek, minyak jagung dan kecap.

Dengan memperhatikan jenis makanan tersebut, diharapkan  pelaku diet golongan darah O dapat berhasil dalam menjalankan program dietnya untuk mendapatkan hasil dan penampilan tubuh sesuai dengan harapan. (Baca Juga: Menu Sebulan Diet Golongan Darah B)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D