Makanan dan Minuman yang Membuat Gigi Kuning

Gigi merupakan aset berharga yang wajib untuk dijaga kebersihannya. Sebab, saat melakukan komunikasi atau saling menyapa diwajibkan untuk sambil senyum yang menunjukan kesopanan dan menghormati sesama. Namun, apa jadinya jika gigi berubah menjadi kuning? 
Gigi kuning memang dapat membuat seseorang menjadi kehilangan rasa percaya diri. Mereka akan merasa malu apabila diajak tertawa atau sekedar tersenyum untuk menyapa seseorang. Sehingga membuat orang lain beranggapan jika kita sombong. Padahal hanya gara – gara gigi kuning saja.

Makanan dan Minuman yang Membuat Gigi Kuning Gigi yang berubah warnanya menjadi kuning dapat disebabkan oleh beberapa macam hal, seperti kurang rutin sikat gigi atau bisa juga karena makanan yang kita konsumsi. Sebab, makanan yang dapat mengakibatkan warna kuning pada pakaian juga dapat merubah warna gigi putih apabila dikonsumsi. Makanan tersebut akan merusak email gigi. Email tersebut berfungsi untuk membuat gigi tampak bersih dan putih. Oleh karena itu, jaga kebersihan gigi secara rutin menggosok gigi dan hindari pula beberapa macam makanan serta minuman berikut ini yang dapat membuat gigi berubah menjadi kuning.
  • Kopi
Kopi memiliki warna yang hitam dan dapat membuat gigi yang awalnya putih menjadi kuning. Untuk mengurangi resiko perubahan warna gigi tersebut dapat dicampurkan susu dalam kopi. Selain kopi adapula teh yang juga beresiko membuat gigi menjadi kuning. Untuk mengatasinya dapat pula mengkonsumsi teh dengan warna yang terang atau teh herbal. Selain dapat mengurangi resiko gigi kuning juga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
  • Saus Tomat
Saus tomat merupakan makanan pendamping cemilan atau makanan ringan lainnya. Namun tahukah jika saus tomat juga dapat mengakibatkan gigi menjadi kuning? Hal ini dikarenakan saus tomat memiliki kandungan asam yang cukup banyak. Untuk menghindari perubahan warna pada gigi karena saus tomat dapat dilakukan dengan cara menambahkan sayur bayam saat pada menu makanan yang akan dikonsumsi.
  • Kari
Dengan kuahnya yang kental dan banyak sekali rempah – rempah di dalamnya, membuat kari menjadi makanan yang lezat dan nikmat. Meskipun lezat, kari ternyata dapat membuat gigi menjadi kuning. Namun, jangan khawatir untuk mengatasinya dapat dengan cara mencampurkan makanan kari dengan sayur bayam.
  • Buah Beri
Hampir semua jenis buah beri dapat dimakan dan memiliki berbagai macam kandungan serta manfaat yang baik kesehatan tubuh. Buah beri juga beresiko membuat gigi menjadi kuning. Sebab, buah beri mudah lengket pada gigi dan memiliki warna pekat. Namun, untuk mengatasinya dapat dengan cara mengkonsumsi air putih selepas makan buah beri, sehingga warna pekat dan lengket pada gigi dapat terkikis serta terbawa oleh air yang kita minum.
  • Minuman Bersoda
Minuman yang memiliki kandungan soda di dalamnya dapat membuat gigi menjadi kuning. Sebab, minuman bersoda dapat mengakibatkan gigi ngilu dan membuka pori – pori pada gigi semakin lebar.

Jadi, gigi kuning dapat pula disebabkan oleh beberapa macam makanan dan minuman diatas. Selain itu, merokok juga dapat mengakibatkan gigi kuning karena kandungan nikotin yang tinggi di dalamnya. Sehingga mengakibatkan karang gigi apabila tidak rutin dibersihkan.  Hal tersebut juga berlaku pada semua jenis makanan dan minuman yang kita konsumsi. Sehingga sangat penting untuk menjaga kebersihan gigi dengan cara menggosok gigi setiap pagi dan sebelum tidur.  (Baca Juga: Bahan Alami untuk Memutihkan Gigi Kuning )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D