Makanan dan Minuman Penambah Massa Otot Terbaik

Mempunyai otot yang besar dan kekar merupakan idaman semua orang, khususnya bagi kaum pria. Untuk mendapatkan otot yang kuat supaya terlihat atletis sangat perlu melakukan olahraga dan latihan rutin seperti, mengangkat beban. Selain itu, harus tetap diimbangi dengan mencukupi kebutuhan nutrisi supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Mempunyai otot yang besar dan kekar bukanlah sekedar mimpi jika mau berusaha untuk mewujudkannya. 

Berikut ini akan dijelaskan mengenai makanan penambah massa otot :

1. Mencukupi kebutuhan Air Putih

Makanan dan minuman penambah massa otot terbaik
Image Source: pixabay.com
Untuk menambah massa otot diawali dengan memenuhi asupan kebutuhan air putih yang diperlukan oleh tubuh, yaitu sekitar 6 hingga 8 gelas setiap harinya. Mencukupi kebutuhan air putih berfungsi untuk menjaga otot agar tidak mudah lelah ketika melakukan latihan penambah massa otot. Pada saat latihan dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih secara berkala, sekitar 10-20 menit sekali.

2. Daging

Daging sapi mempunyai sumber utama seperti zinc dan zat besi, kandungan tersebut berperan untuk pembentukan otot. Selain itu, daging sapi dapat menghasilkan banyak energi yang diperlukan pada saat melakukan latihan. Sementara itu, daging ayam juga dianjurkan untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan protein dan memiliki kandungan lemak yang rendah.

3. Telur

Telur memang terkenal dengan kandungan proteinnya yang cukup tinggi. Telur merupakan sumber makanan berkualitas tinggi, karena di dalam kuning telur terdapat kandungan vitamin B12 yang berfungsi untuk memecah lemak serta dapat membantu pembentukan otot. Pada umumnya, para atlet binaragawan mengkonsumsi telur 3 hingga 4 butir setiap harinya.

4. Ikan

Selain telur dan daging, ikan juga mempunyai kandungan protein tinggi yang berperan untuk menambah massa otot dan berfungsi sebagai sumber energi yang diperlukan pada saat melakukan latihan beban. Jenis ikan yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah ikan salmon dan tuna karena mempunyai kandungan protein dan omega-3 yang cukup tinggi.

5. Yogurt

Yogurt terdiri dari kombinasi antara karbohidrat dan protein yang sangat baik untuk membantu proses pemulihan otot ketika melakukan latihan beban. Selain itu, yogurt mempunyai kandungan serat alami, kandungan tersebut berfungsi untuk membantu melancarkan sistem pencernaan.

Makanan tersebut selain menyehatkan juga dapat dikonsumsi sebagai makanan penambah massa otot. Tetaplah mengkonsumsinya secara teratur dengan porsi yang bijaksana. Mengkonsumsi makanan tersebut harus tetap diimbangi dengan melakukan olahraga dan latihan rutin supaya mendapatkan hasil yang maksimal.  (Baca Juga: Makanan Sehat untuk Meningkatkan Stamina agar Perkasa dan Tidak Loyo  )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D