Khasiat Cuka Apel Dicampur Madu bagi Kesehatan

manfaat cuka apel dan maduCuka apel terbuat dari sari apel yang sudah difermentasikan, sedangkan madu diperoleh dari sarang lebah. Perpaduan kedua bahan herbal ini bermanfaat untuk mengobati penyakit karena memiliki sifat antiseptik serta antibiotik yang berperan melawan bakteri, virus dan kuman penyebab penyakit.

Sebelum dicerna oleh tubuh, cuka apel dan madu bersifat asam. Namun, jika keduanya telah dicerna oleh tubuh maka akan memberikan sumbangan untuk mengurangi tingkat keasaman di dalam tubuh. Cuka apel memiliki kemampuan membentuk senyawa basa yang mampu memperbaiki tingkat keasaman di dalam tubuh. Hal tersebut sangat efektif melawan dan mencegah adanya infeksi di dalam tubuh. Sedangkan madu juga memiliki kemampuan yang sama dengan cuka apel sehingga, keduanya telah terbukti dapat mengatasi dan menjaga tubuh manusia dari berbagai penyakit. Berikut ini juga akan dijelaskan mengenai manfaat cuka apel dan madu.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Cuka apel dan madu memiliki kandungan berbagai nutrisi dan vitamin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan tersebut dapat membentuk antibodi di dalam tubuh untuk mencegah dan mengobati adanya infeksi suatu penyakit.

2. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Cuka apel dan madu, sama-sama mempunyai kandungan  pektin. Kandungan pektin berfungsi untuk meningkatkan sistem pencernaan serta dapat menyehatkan organ-organ pencernaan di dalam tubuh.

3. Meningkatkan Energi

Cuka apel dan madu berfungsi untuk meningkatkan energi yang diperlukan oleh tubuh. Untuk itu, mengonsumsi cuka apel dan madu di pagi hari dapat meningkatkan jumlah energi yang diperlukan sebelum melakukan aktivitas.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Cuka apel dan madu berperan untuk menurunkan kadar glikemik di dalam makanan yang sudah dikonsumsi serta di dalam makanan yang sudah diserap oleh tubuh. Kondisi tersebut juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

5. Menurunkan Berat Badan

Cuka apel dan madu dianalisis dapat menurunkan kadar glikemik dalam makanan yang telah dikonsumsi karena berperan memperlambat pelepasan glukosa ke dalam darah. Selain itu, penelitian juga telah menunjukkan bahwa cuka apel dan madu mampu menjaga rasa lapar yang berlebihan sehingga sangat baik dikonsumsi sebagai salah satu komponen menu sehat harian.

Cuka apel dan madu dikonsumsi maksimal 1 hingga 2 gelas setiap harinya, caranya cukup mudah yaitu larutkan 1 sdm cuka apel dan 1 sdm madu ke dalam air minum. Konsumsilah cuka apel dan madu sesuai saran karena mengonsumsi secara berlebihan tidak akan memberikan manfaat yang maksimal bagi kesehatan. (Baca Juga: Aroma Alami untuk Menurunkan Nafsu Makan  )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D