Jus Buah untuk Mengatasi Sembelit atau Konstipasi

Sistem pencernaan merupakan organ tubuh yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia untuk mencerna makanan. Namun, apa jadinya jika sistem pencernaan tersebut mengalami gangguan? Gangguan atau masalah tersebut adalah konstipasi atau sembelit atau yang lebih dikenal dengan susah buang air besar.

Konstipasi atau sembelit merupakan keadaan dimana kotoran atau tinja yang ada di dalam sistem pencernaan mengeras. Sehingga mengakibatkan kesulitan untuk dikeluarkan saat BAB dan mengakibatkan pula rasa sakit yang luar biasa. Konstipasi apabila dibiarkan tanpa penanganan akan mengakibatkan kanker pada usus.

Jus buah untuk mengatasi sembelit atau konstipasi
Image Source: pixabay.com
Untuk mencegah konstipasi atau sembelit dapat dilakukan dengan cara menghindari makanan yang mengandung gula dan lemak tinggi, perbanyak minum air putih 8 gelas per hari, olahraga secara teratur, hindari jajan di sembarangan tempat, buang air secara teratur, konsumsi makanan yang kaya akan serat seperti buah dan sayuran atau dapat pula dengan cara dibuat jus buah.

Jus buah merupakan jenis minuman yang kaya akan manfaat bagi kesehatan, salah satunya dapat mengatasi masalah konstipasi atau sembelit. Nah, jus buah apa saja yang dapat bermanfaat untuk mengatasi konstipasi atau sembelit? Berikut jawabannya!
  • Jus Jeruk
Jus jeruk merupakan jus yang enak dan segar apabila dikonsumsi dalam keadaan cuaca yang panas. Jus jeruk memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga dapat melarutkan zat sisa atau kotoran yang susah keluar serta mengatasi adanya bakteri dalam perut. Sehingga jus jeruk sangat efektif untuk mengatasi masalah konstipasi atau sembelit. Hal ini dikarenakan membantu mengeluarkan zat sisa dari dalam perut dengan cara meningkatkan gerak peristaltik dalam usus besar. Alhasil sembelit dapat teratasi dan BAB lancar.
  • Jus Apel
Jus apel mengandungkan serat, vitamin A dan vitamin C yang berguna sebagai antioksidan yang cukup tinggi. Sehingga jus apel sangat baik untuk mengatasi masalah konstipasi atau sembelit dan membantu melancarkan proses pencernaan.
  • Jus Nanas
Jus nanas, merupakan jus yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi  dan bermanfaat untuk mengatasi bakteri di dalam usus. Selain itu, kandungan serat di dalamnya juga baik untuk melancarkan pencernaan. Untuk mendapatkan manfaat dari jus nanas, sebaiknya konsumsi jus ini sehari 2 kali untuk melancarkan pencernaan dan mencegah gangguan pada sistem pencernaan. Namun perlu diperhatikan, jus nanas tidak diperuntukkan bagi ibu yang sedang hamil sebab dapat mengakibatkan keguguran atau masalah lainnya terhadap kandungan tersebut.

Jadi, untuk mengatasi konstipasi atau sembelit dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi beberapa macam jus diatas. Selain itu, perbanyak minum air mineral setiap harinya minimal 8 – 12 gelas per hari supaya sistem pencernaan menjadi lancar dan terhindar dari konstipasi atau masalah pencernaan lainnya. semoga bermanfaat! (Baca Juga: Cara Mengatasi Diare secara Alami )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D