Jumlah Kandungan Kalori Nasi Padang

kalori nasi padang
Indonesia memiliki banyak sekali aneka kuliner yang nikmat, diantaranya adalah makanan padang. Nasi padang merupakan makanan yang memiliki porsi banyak akan tetapi rasanya tetap enak. Sesuai dengan namanya, makanan ini berasal dari kota Padang, Sumatra Barat.

Aneka jenis nasi padang sudah bisa didapatkan di gerai-gerai nasi padang dan restoran nasi padang si seluruh Indonesia. Bahkan, kuliner khas Indonesia ini sudah terkenal hingga ke mancanegara kerena memiliki rasa yang enak dan tetap unik.

Makanan padang atau yang sering disebut dengan nasi padang merupakan salah satu makanan kuliner di Indonesia yang memiliki banyak penggemar dari semua kalangan. Lantas, apa pernah menghitung atau mengetahui kandungan kalori di dalam nasi padang? Jika belum mengetahuinya, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai kandungan kalori di dalam nasi padang.

Nasi padang tersedia dengan berbagai pilihan lauk sesuai dengan selera pembelinya. Pembeli pastinya akan dimanjakan dengan rasanya yang nikmat dan porsinya yang mengunung. Terkadang, saat mengkonsumsi makanan yang nikmat akan lupa diri dan tidak dapat menahan hasrat untuk terus mengkonsumsinya.

Di dalam satu porsi nasi padang terdapat kandungan kalori sebanyak 838 kkal. Kandungan kalori tersebut sangat banyak karena dapat mencukupi setengah kebutuhan kalori yang diperlukan oleh tubuh. Idealnya orang harus makan tiga kali dalam sehari jika, mengkonsumsi nasi padang di pagi hari kemudian mengkonsumsi menu lain di siang dan pada malam hari bayangkan saja berapa banyak kalori yang menumpuk di dalam tubuh.

Kalori yang berlebih akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak, bila dibiarkan secara terus menerus akan mengakibatkan kegemukan bahkan obesitas (kelebihan berat badan). Selain itu, lemak yang menumpuk juga memiliki kandungan kolesterol tinggi sehingga akan beresiko terjadi penyumbatan pada pembuluh darah yang akan mengakibatkan serangan jantung, penyakit stroke, diabetes dan hipertensi (tekanan darah tinggi).
Nasi padang merupakan makanan yang digolongkan sebagai makanan berat karena mengandung banyak santan, lemak dan kolesterol jahat. Selain itu, mengkonsumsi nasi padang secara berlebihan dapat menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan.

Untuk itu tetaplah mengkonsumsi nasi padang secara bijaksana serta diimbangi dengan memenuhi kebutuhan nutrisi lainnya seperti vitamin, serat, protein, dan mineral. Tetaplah menjaga pola hidup sehat dan tetaplah memeriksakan kesehatan secara berkala supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dan dapat melakukan pencegahan sejak dini. (Baca Juga: Kandungan Kalori pada Gado-Gado )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D