Jenis Makanan yang Banyak Mengandung Kolesterol Tinggi

Untuk menjaga kesehatan tubuh sangat perlu untuk memperhatikan pola hidup yang sehat. Hal tersebut dapat dilakukan dengan tidak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat bagi tubuh, salah satunya adalah bahan makanan yang tinggi akan kadar kolesterol di dalamnya. Adanya kandungan kolesterol yang tinggi pada suatu bahan makanan yang akan dikonsumsi dapat mengakibatkan beberapa macam masalah pada kesehatan. Masalah tersebut seperti naiknya kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh, terjadi penyumbatan pembuluh darah dan bahkan serangan jantung.

Jenis makanan yang banyak mengandung kolesterol tinggi
Image Source: pixabay.com
Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menjaga pola hidup yang sehat dengan cara menghindari beberapa macam bahan makanan yang tinggi akan kandungan kolesterol. Nah, apa saja bahan makanan tersebut? Berikut beberapa macam bahan makanan yang tinggi akan kandungan kolesterol di dalamnya.
  • Daging Merah
Daging merah dapat ditemukan pada jenis daging kambing dan sapi. Banyak para ahli dan dokter yang menyarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi daging merah. Sebab, di dalam daging merah dapat ditemukan kadar kolesterol jahat (LDL) yang sangat tinggi dan ditemukan juga kandungan lemak jenuh di dalamnya.
  • Margarine / Mentega
Margarine dan mentega merupakan salah satu bahan sebagai pengganti minyak goreng yang dipercaya lebih sehat dan membuat masakan lebih enak. Namun, tahukah jika margarine dan mentega juga memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi dan juga lemak jenuh di dalamnya. Meskipun banyak yang beranggapan jika margarine lebih baik daripada mentega, namun margarine juga sama – sama mengandung kadar kolesterol dan lemak jenuh yang cukup tinggi.
  • Kuning Telur
Telur merupakan salah satu bahan makanan yang mudah di dapatkan dan memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Namun, telur juga memiliki sisi negatifnya bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan dan terutama bagi orang yang sudah tua. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kolesterol yang cukup tinggi di dalamnya kuning telurnya. Sehingga, banyak dokter yang menyarankan untuk tidak mengkonsumsi dan menghindari kuning telur.
  • Ayam Goreng
Ayam goreng, siapa yang tidak menyukai makanan yang satu ini. Pastinya setiap orang pasti menyukai makanan ini yang cara pengolahannya dengan cara digoreng menggunakan minyak panas. Namun, siapa sangka makanan lezat ini malah memiliki kandungan yang tidak baik bagi kesehatan. Sebab, makanan yang diolah dengan cara digoreng memang kebanyakan buruk bagi kesehatan termasuk juga ayam yang digoreng. Daging ayam sudah memiliki kandungan lemak jenuh di dalamnya, kemudian daging tersebut digoreng dengan minyak. Proses ini membuat ayam goreng memiliki kandungan kolesterol sangat tinggi dibandingkan hamburger.
  • Hamburger
Makanan cepat saji atau junk food kebanyakan tidak baik dan buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah hamburger. Dilihat dari bahan untuk membuat satu buah hamburger saja sudah memiliki kandungan yang tidak baik bagi kesehatan. Seperti isi daging sapi dan keju yang terdapat kandungan kolesterol cukup banyak di dalamnya. Rotinya juga terbuat dari tepung yang mengandung karbohidrat tinggi, sehingga dapat mengakibatkan tubuh menjadi gemuk. Selain itu ditambah lagi apabila ada tambahan bahan pengawet lainnya dan belum lagi jika digoreng. Nah, inilah yang dapat mengakibatkan beberapa macam masalah bagi kesehatan.

Jadi, jauhi beberapa macam jenis makanan diatas apabila ingin terhindar dari kolesterol jahat. Selain itu, alangkah baiknya jika mengkonsumsi makanan buatan sendiri yang sudah terjamin kesehatannya. Apabila terpaksa makan – makanan tersebut, hindari keseringan mengkonsumsi makanan tersebut. Sebab dapat menimbulkan beberapa macam penyakit seperti obesitas, kadar kolesterol yang naik, penyumbatan pembuluh darah, penyakit jantung dan bahkan kematian. Oleh karena itu, teliti dalam mengkonsumsi makanan supaya terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan yang sewaktu – waktu tidak dapat kita sangka datangnya. (Baca Juga: Makanan untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D