Jenis Camilan yang Baik untuk Perkembangan Anak


Pada umumnya setiap anak suka memakan camilan, oleh karena itu para orang tua harus selektif dalam memilih makanan ringan yang akan mereka konsumsi. Walaupun hanya dijadikan sebagai makanan selingan, perhatikan kandungan gizi yang ada di dalam camilan apakah baik untuk perkembangannya.
jenis camilan yang baik untuk anak


1.    Sereal & biskuit gandum

Di dalam sereal dan biscuit gandum terdapat kandungan serat yang mampu memberikan energi untuk si kecil. Selain itu juga terdapat kandungan zinc, kalium, vitamin B dan vitamin E yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak.

2.    Kacang-kacangan

Kacang merupakan salah satu makanan yang kaya akan vitamin E dan antioksidan yang berperan sebagai pelindung sel-sel otak terhadap radikal bebas. 

3.    Yogurt & keju

Yogurt dan keju mempunyai kandungan protein dan vitamin yang tinggi yang berguna untuk proses pertumbuhan enzim dan jaringan otak.  
 
4.    Buah beri

Buah beri memang dikenal sebagai salah satu jenis buah yang kaya akan nutrisi yang dapat berperan dalam perkembangan otak dan motorik anak serta dapat memperbaiki fungsi daya ingat otak, sehingga dapat meningkatkan kemampuan daya ingat si kecil. 

5.    Telur

Selain mempunyai rasa yang enak, telur juga dapat memenuhi kebutuhan protein si kecil karena di dalamnya terdapat zat kolin yang berperan dalam perkembangan otak anak, terutama perkembangan fungsi daya ingat dan dapat membuat anak tidak mudah merasa lelah.

6.    Smoothies

Smoothies merupakan minuman yang terdiri dari beberapa macam buah dan sayur seperti kiwi, jeruk, pisang, nanas serta bayam. Kemudian  tambahkan yogurt atau susu rendah lemak ke dalamnya. Nutrisi yang didapatkan dari smoothies ini pastinya tidak kalah dengan nutrisi dari sayur dan buah segar. Selain itu warnanya yang menarik dan rasanya yang enak pasti akan membuat si kecil ketagihan dengan minuman sehat yang satu ini.

7.    Agar-agar

Selain menyehatkan, kandungan serat tinggi di dalam agar-agar bisa membuat si kecil menjadi kenyang.

Selain enak untuk dikonsumsi, beberapa camilan tersebut juga berguna untuk meningkatkan perkembangan anak. Kreasikan camilan anak dengan bentuk-bentuk yang unik agar mereka tidak merasa bosan ketika mengkonsumsinya. (Baca Juga: Daftar Menu Makan Malam yang Baik untuk Kesehatan Anak)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D