Gerakan Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit

Memiliki perut buncit merupakan salah satu hal yang dianggap sebagai masalah, khususnya bagi orang yang selalu memperhatikan penampilan. Perut buncit bisa terjadi karena adanya kebiasaan yang tidak sehat, seperti kebiasaan mengemil atau makan di malam hari. Kondisi perut yang buncit disebabkan karena adanya penumpukan lemak di daerah sekitar perut.
Gerakan olahraga untuk mengecilkan perut buncit
Image Source: pixabay.com
Selain kebiasaan makan dan mengemil di malam hari, berikut ini akan dijelaskan mengenai faktor yang menyebabkan perut menjadi buncit.

1. Duduk Terlalu Lama

Terlalu lama duduk adalah salah satu faktor penyebab perut menjadi buncit, hal itu disebabkan karena ketika duduk posisi perut menjadi condong ke depan, kemudian tubuh akan memberikan penekanan pada perut.

2. Tidur Setelah Makan

Jika melakukan kebiasaan tidur setelah makan mengakibatkan makanan yang baru saja dikonsumsi tidak dapat dicerna dengan baik, hal tersebut akan menyebabkan perut semakin terlihat buncit. Sebaiknya, lakukan aktivitas setelah makan supaya proses pencernaan di dalam tubuh menjadi optimal.

3. Mengkonsumsi Alkohol

Alkohol memiliki kandungan gula dan kalori yang setara dengan makanan berlemak. Selain itu. Alkohol dapat menyebabkan organ hati bekerja lebih keras untuk menetralisir kandungan tersebut sehingga, gula yang seharusnya melalui proses penyaringan terlebih dahulu menjadi terlewatkan dan menumpuk. Hal itulah yang membuat perut menjadi buncit.

Setelah mengetahui apa saja faktor penyebab perut buncit, berikut ini juga akan dijelaskan mengenai gerakan olahraga untuk mengecilkan otot perut supaya menjadi ramping dan kencang.

1.  Sit Up
Sit up merupakan salah satu gerakan olahraga yang berfungsi untuk mengecilkan otot perut. Sit up adalah olahraga yang berfokus kepada otot perut sehingga dapat mengurangi perut buncit dan membuatnya semakin kencang.


2. Back Up

Back up adalah gerakan olahraga yang dilakukan dengan posisi tengkurap. Gerakannya hampir sama dengan gerakan sit up, akan tetapi gerakan back up dilakukan dengan posisi yang berbeda.


3. Ball Crunch



Ball Crunch adalah gerakan olahraga yang dilakukan dengan menggunakan bola besar. Caranya cukup mudah yaitu, dengan melakukan gerakan shit up di atas bola besar tersebut.


4. Vertical Leg Crunch

Gerakan olahraga ini hampir mirip dengan sit up dan ball crunch. Namun, pembedanya adalah angkatlah kaki setinggi mungkin selama posisi tubuh berada di depan. Setelah itu, angkatlah kaki dan silangkan ke udara dengan posisi kepala dan pundak tetap menempel di lantai. Selama kaki berada di udara tariklah tubuh ke depan secara berulang-ulang.

5. Sikap Lilin



Sikap lilin merupakan salah satu gerakan olahraga yang dapat mengecilkan otot perut. Gerakan ini dilakukan dengan cara membaringkan tubuh di lantai dengan mengangkat kaki ke atas, sampai bagian perut terangkat. Kemudian, tahan posisi tersebut dengan kedua tangan dan lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang.

Gerakan olahraga ini bisa mendapatkan hasil yang maksimal apabila, melakukannya secara teratur dan harus diimbangi dengan memenuhi asupan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan sehat. (Baca Juga: Alat Fitness untuk Mengecilkan Perut )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D