Fakta Tentang Penyakit Kusta yang Perlu Diketahui

Fakta Menarik Penyakit Kusta yang Patut Diketahui
Seiring berjalannya waktu, penyakit kusta mulai jarang terdengar. Meskipun begitu semua orang pasti mendengar apa itu penyakit kusta. Oleh karena itu masih tidak sedikit orang yang lebih jauh mengenal penyakit kusta.

Penderita penyakit kusta biasanya berkaitan dengan cacat pada beberapa organ tubuh bahkan semuanya. Kusta tidak hanya dapat merusak organ kulit saja, namun juga dapat merusak anggota saraf, mata, dan anggota gerak tubuh lainnya. Sehingga membuat penderita penyakit kusta dijauhi dan ditakuti oleh banyak orang karena takut tertular penyakit tersebut.

Namun, sebelum menjauhi para penderita penyakit kusta, alangkah baiknya ketahui dahulu beberapa fakta tentang penyakit kusta berikut ini. Semoga dapat menjadi sebuah referensi yang bermanfaat!
  • Penyakit Tertua di Dunia
Penyakit kusta dikenal juga dengan sebutan Hansen’s Disease, nama ini diambil dari nama ilmuwan yang menemukan penyakit kusta, Armauer Hansen. Tahukah jika penyakit kusta merupakan salah satu penyakit tertua di dunia? Penyakit ini sudah sejak lama ditemukan dan termasuk dalam jenis penyakit menular. Penyakit kusta dapat menyerang sistem saraf dan anggota tubuh lainnya.
  •  Diakibatkan Oleh Bakteri
Penyakit kusta merupakan penyakit yang menimbulkan bercak putih pada kulit yang dapat mengakibatkan penderita mengalami mata rasa. Hal ini disebabkan oleh bakteri Mycobacterium laprae.
  • Penyakit Tidak Mudah Menular
Tahukah jika penyakit kusta tidak begitu mudah menular kepada orang lain? Penyakit ini tidak dapat dengan mudah menular kepada orang lain. Penyakit kusta akan baru menular saat melakukan kontak berulang kali dan memiliki kedekatan erat dengan penderita penyakit tersebut. Penderita penyakit kusta yang sudah menjalani pengobatan, resiko terjadinya penularan akan turun dan bahkan tidak dapat menularkan penyakit yang dideritanya. Namun, bagi penderita yang tidak melakukan pengobatan dan hanya dibiarkan saja malah yang dapat dengan mudah menularkan kusta kepada orang lain. Tetapi perlu diingat lagi jika penyakit ini tidak dapat dengan cepat menular kepada orang lain. Hanya dapat menular apabila sudah melakukan kontak berulang kali dan sudah memiliki hubungan kedekatan yang lebih.
  • Berbeda – Beda Gejalanya
Para penderita atau orang yang menderita penyakit kusta berbeda – beda gejalanya. Salah satu gejala penyakit kusta yang banyak terjadi adalah timbulnya bercak berwarna putih pada kulit. Kemudian kulit tersebut akan mengalami mata rasa, sehingga apabila disentuh tidak dapat merasakan rasa apapun atau sistem saraf pada kulit telah dilumpuhkan.
  • Sembuh Secara Gratis
Bagi penderita penyakit kusta, segeralah untuk menjalankan pengobatan di rumah sakit atau puskesmas terdekat supaya penyakit kusta dapat sembuh dan tidak dikucilkan oleh banyak orang. Sebab, untuk penyembuhan penyakit kusta hanya dapat dilakukan dengan melakukan terapi obat. Kabar yang tersiar dari Menteri Kesehatan, bagi para penderita penyakit kusta akan mendapatkan pengobatan secara gratis di puskesmas terdekat. Untuk melakukan terapi penyembuhan penyakit kusta memerlukan waktu 6 bulan sampai 2 tahun lamanya. Sedangkan, obat yang digunakan untuk menjalankan terapi adalah daspone, clozafimine dan rifampicin.
  • Dapat Mengakibatkan Cacat
Penyakit kusta apabila tidak dirawat dapat mengakibatkan cacat fisik  dan terjadi perubahan bentuk anggota tubuh seperti pada kaki dan tangan yang menekuk. Bahkan penyakit kusta dapat mengakibatkan kebutaan, cacar mata, infeksi pada kaku dan tangan.

Itulah tadi mengenai hal menarik tentang penyakit kusta yang wajib diketahui. Jadi, penyakit kusta merupakan salah penyakit tertua di dunia yang diakibatkan oleh sebuah bakteri Mycobacterium laprae. Sehingga mengakibatkan gangguan saraf dan kecacatan. Namun, penyakit ini tidak dapat secara signifikan menular kepada orang lain kecuali orang tersebut melakukan kontak berkali – kali dan memiliki hubungan dekat dengan penderita kusta. Semoga bermanfaat! (Baca Juga: Waspadai! Macam-Macam Penyakit yang Sering Menyerang Saat Musim Hujan )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D