Cara yang Dapat Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Kanker




Hingga sekarang kanker merupakan penyakit mematikan bagi manusia, meskipun telah membunuh banyak jiwa namun penyebab dan cara pencegahan penyakit ini belum diketahui secara jelas. Banyak penelitian terus dilakukan untuk mengetahui penyebab dan cara pencegahannya. Namun, para ilmuan sudah sepakat bahwa gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat mempunyai peran penting dalam resiko perkembangan kanker.

Walaupun belum diketahui jelas tentang bagaimana penyebab dan cara pencegahan kanker, manusia selalu dituntut untuk menjalankan gaya hidup sehat agar dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker dan penyakit mematikan lainnya.

menurunkan resiko terkena penyakit kanker

1.    Menjaga Berat Badan

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker pada beberapa jenis kanker tertentu. Oleh karena itu langkah pertama untuk mendapatkan kesehatan optimal adalah dengan menjaga berat badan tetap ideal.

2.    Berolahraga atau Bergerak Lebih Aktif

Tubuh harus aktif bergerak selama 30 menit sehari agar terhindar dari resiko terkena kanker. Hal ini bisa dilakukan dengan berolahraga atau melakukan aktivitas lainnya.

3.    Mengkonsumsi Makanan Rendah Kalori

Jenis makanan yang mengandung kalori tinggi biasanya mempunyai kandungan lemak dan kadar gula tinggi. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi kalori akan memicu adanya obesitas hingga dapat memicu pertumbuhan sel-sel kanker.

4.    Mengkonsumsi Nabati

Agar mendapatkan tubuh yang sehat secara optimal, perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian dalam menu diet sehari-hari. Hal tersebut disebabkan karena makanan nabati mengandung banyak air, serat dan nutrisi penting lainnya yang diperlukan oleh tubuh.

5.    Hindari Kebiasaan Merokok dan Mengkonsumsi Alkohol

Menghindari kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang optimal agar terhindar dari resiko terkena penyakit kanker.

6.    Kurangi Mengkonsumsi Asupan Garam

Garam memang penting bagi tubuh, namun jika dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu kurangi konsumsi garam dengan membatasi makan makanan asin atau makanan yang diolah dengan garam.

Meskipun sekilas terlihat mudah untuk dilakukan, namun jika tidak dilakukan sejak dini maka hasilnya tetap sia-sia karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. (Baca Juga: Cara Alami Mencegah Penyakit Kanker Payudara)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D