Cara Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil

Adanya pembengkakan pada beberapa anggota tubuh ketika hamil merupakan hal yang wajar terjadi, hal tersebut disebabkan karena tubuh semakin membesar seiring dengan pertumbuhan janin di dalam rahim. Kondisi tersebut akan menyebabkan cairan ke seluruh tubuh menjadi terhambat sehingga menumpuk pada bagian tertentu seperti pada kaki, jari-jari, paha, tangan dan pipi. Biasanya pembengkakan di beberapa bagian tubuh ibu hamil terjadi ketika usia kehamilan memasuki trimester terakhir.
Cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil

 Image Source: pixabay.com
Bengkak pada bagian tubuh lain kecuali biasanya tidak banyak dipersoalkan karena dianggap tidak menganggu. Berbeda dengan bengkak yang terjadi pada kaki yang bagi sebagian besar ibu hamil sangatlah menganggu. Kaki merupakan penopang tubuh sehingga sangat wajar bila pembengkakan pada kaki sering dikeluhkan.

Sebenarnya, pembengkakan pada kaki ibu hamil memang tidak ada obatnya namun masih dapat dicegah agar kondisinya tidak semakin parah atau bertambah parah.

  1. Sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar garam tinggi, karena kadar garam yang tinggi akan membuat kaki menjadi semakin bengkak.
  2. Jika bekerja di kantor dan lebih banyak duduk, sebaiknya setiap satu jam sekali berdiri untuk memperlancar sirkulasi darah.
  3. Usahakan untuk tidak  menggantung kaki saat duduk karena kaki yang terlalu lama tergantung  membuat aliran darah menuju kaki menjadi terhambat.
  4. Jangan berdiri terlalu lama. Biasanya terjadi pada Ibu hamil yang pergi dan pulang kantor menggunakan transportasi umum, mintalah kepada kondektur atau petugas untuk mencarikan tempat duduk karena beberapa transportasi umum sekarang sudah tersedia bangku prioritas untuk Ibu hamil.
  5. Sebaiknya jangan memaksakan diri menggunakan sepatu berhak tinggi, baik high heels ataupun wedges. Sepatu tinggi akan memperparah bengkak pada kaki karena biasanya sepatu berhak tinggi tidak nyaman untuk digunakan ketika hamil.
  6. Saat berbaring atau tidur, usahakan kaki lebih tinggi dari kepala dan jantung untuk membantu memperlancar peredaran darah.
  7. Kompreslah kaki yang bengkak dengan air hangat dapat mengurangi bengkak kaki.
  8. Berjalan-jalan santai di pagi hari sangat bagus untuk mengurangi kaki yang bengkak. Jalan santai bisa juga berguna untuk memperlancar peredaran darah.

Dengan mengatasi kaki bengkak ketika hamil, sangat membantu mengurangi kegelisahan para Ibu hamil menjelang proses persalinan. (Baca Juga: Cara Mengencangkan Perut Setelah Melahirkan secara Alami)



Advertisement

Artikel Lainnya :-D