Cara Membebaskan Rumah dari Serangan Nyamuk

Keberadaan nyamuk di rumah tentunya sangat menganggu, selain menimbulkan rasa gatal dan benjolan pada kulit, gigitan nyamuk tertentu juga dapat menyebabkan penyakit mematikan seperti demam berdarah dan malaria. Untuk mencegah hal tersebut, cara yang harus dilakukan adalah dengan mengusir nyamuk secara permanen, yaitu dengan membebaskan rumah dari serangan nyamuk.

1. Maksimalkan sirkulasi udara

Lingkungan yang gelap, dingin dan gelap merupakan tempat yang disukai nyamuk untuk berkembang biak. Untuk mengatasi hal tersebut perbaikilah sirkulasi udara masuk dan keluar serta pencegahan alami untuk terhindar dari kondisi ruangan yang lembab.

cara membebaskan rumah dari serangan nyamuk2. Hilangkan genangan air di lingkungan rumah

Pastikan untuk selalu memeriksa tempat dan benda yang berpotensi menjadi tempat genangan air seperti lubang-lubang kecil di taman, kolam ikan, pot bunga, sama botol dan kaleng. Namun, jika genangan air tersebut sulit untuk dihilangkan, tambahkan serbuk pembunuh jentik nyamuk dan jika mempunyai kolam hias kecil di taman sebaiknya peliharalan ikan hias sebagai predator alami.

3. Hiasi taman rumah dengan tanaman yang tidak disukai nyamuk

Daripada menggunakan lotion atau obat pembasmi nyamuk yang mempunyai efek samping bagi kesehatan tubuh, sebaiknya tanamlah tanaman hias yang aromanya tidak disukai oleh nyamuk seperti lavender, geranium, rosemerry, zodia, ageratum dan lain sebagainya.

Hal utama yang harus dilakukan agar rumah terhindar dari serangan nyamuk adalah dengan selalu menjaga kebersihan, kerapian dan keindahan rumah. Rumah yang indah dan resmi merupakan tempat yang sehat bagi para penghuninya. (Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Saat Pancaroba dan Musim Hujan)



Advertisement

Artikel Lainnya :-D