Bahaya Menggunakan Earphone Terlalu Lama bagi Kesehatan

Dengan semakin berkembang pesatnya teknologi sekarang ini, memberikan sebuah kemudahan bagi manusia untuk melakukan aktivitas atau kegiatan sehari – hari. Meskipun begitu, setiap hal pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing – masing. Baik terhadap kelangsungan hidup penggunanya atau kesehatannya. Contohnya penggunaan earphone atau headset untuk mendengarkan musik secara terus menerus.


Bahaya menggunakan earphone terlalu lama bagi kesehatan
Image Source: pixabay.com
Earphone merupakan salah satu produk inovatif di era globalisasi seperti sekarang ini. Kegunaan earphone selain untuk mendengarkan musik juga dapat digunakan untuk melakukan panggilan sehingga panggilan dari pihak lain tidak diketahui atau terdengar oleh banyak orang. Namun, earphone juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan, terutama kesehatan telinga. Nah, apa sajakah akibat penggunaan earphone terlalu lama? Berikut ulasannya!
  • Kehilangan Pendengaran
Penggunaan earphone dengan volume diatas 90 desibel dapat mengakibatkan masalah pada telinga dan rusaknya pendengaran. Sebab, suara yang dikeluarkan langsung mengenai gendang telang. Apabila hal ini dilakukan secara terus menerus dapat berakibat tuli. Selain itu, penggunaan earphone lebih dari 15 menit juga beresiko kehilangan pendengaran. Untuk itu, sebaiknya hindari memasang volume lebih dari 90 desibel dan untuk pemakaian earphone batasi penggunaannya selama 15 menit. Setelah itu, istirahatkan telinga supaya kembali normal.
  • Infeksi Telinga
Penggunaan earphone secara bergantian atau saling tukar dengan keluarga, sahabat atau siapapun itu dapat berdampak buruk terhadap kesehatan telinga. Sebab, kebiasaan bergantian earphone dapat menularkan bakteri dan merupakan kebiasaan tidak sehat. Sehingga mengakibatkan infeksi pada telinga yang diakibatkan sering bergantian earphone dengan orang lain.
  • Sirkulasi Udara Tersumbat
Dengan ditemukannya earphone tidak menyurutkan pengembangan beberapa macam inovasi dan model earphone yang membuat pemakainya nyaman, seperti kemampuan earphone yang meredam suara keluar dari telinga. Nah, hal inilah yang malah membahayakan kesehatan telinga. Sebab, sirkulasi udara pada telinga saat menggunakan earphone yang menutupi telinga akan tersumbat. Sehingga dapat memicu terjadinya penumpukan kotoran pada telinga, kemudian infeksi dan pada akhirnya kehilangan pendengaran.
  • Sakit Telinga
Bagi para orang yang gemar menggunakan earphone kebanyakan mengeluh merasakan rasa sakit pada telinga mereka setelah menggunakan earphone atau headset. Hal ini disebabkan oleh terlalu lama dan terlalu sering menggunakan earphone dalam kehidupan sehari – hari. Adapula yang menggunakan earphone sambil tidur dan pada akhirnya terbawa sampai alam bawah sadar, tertidur. Nah, kebiasaan buruk inilah yang dapat mengurangi kemampuan telinga untuk mendengar secara jelas dan bahkan bisa kehilangan pendengaran juga. 
  • Berbahaya bagi Otak
Suara yang dihasilkan oleh earphone atau media elektronik lainnya juga mengeluarkan gelombang elektromagnetik yang sangat berbahaya pada otak. Menurut sebuah penelitian menyebutkan jika akan terjadi gangguan pada otak apabila terlalu sering menggunakan earphone.

Jadi, hindari kebiasaan terlalu sering menggunakan earphone dalam kehidupan sehari – hari. Boleh saja menggunakan earphone apabila dalam situasi dan kondisi yang diperlukan saja. Selain itu, hindari pula pemakaian earphone dengan volume lebih dari 90 desibel dan dengan rentan waktu lebih dari 15 menit. Serta hindari pula penggunaan earphone ketika hendak tidur atau sebagai pengantar tidur. Sebab saat bangun telinga akan mengalami gangguan seperti telinga terasa sakit, mendengung dan bahkan mati rasa. (Baca Juga: Dampak Buruk Penggunaan Smartphone bagi Kesehatan )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D