Bahaya Mana Rokok Biasa sama Shisha?

Bahaya Mana Rokok Biasa sama Shisha?Rokok banyak sekali cara dan jenis rokok yang dapat dijumpai di seluruh dunia, seperti rokok kretek, rokok filter, rokok cerutu dan ada yang paling trend untuk saat ini adalah shisha. Merokok dengan cara shisha merupakan cara merokok ala orang – orang di Timur Tengah. Shisha atau disebut juga dengan hookah untuk  merokok dengan cara ini menggunakan sebuah alat berbentuk tabung berisi air dengan selang sebagai alat hisapnya.

Shisha sekarang banyak digandrungi oleh kebanyakan orang, mungkin karena adanya tambahan rasa buah – buahan di dalamnya. Sehingga menimbulkan aroma yang wangi dan aroma khas buah. Tak hanya kaum adam saja yang menikmati rokok shisha ini, tetapo kaum hawa juga ada yang suka dengan rokok shisha. Kebanyakan mereka beranggapan jika shisha tidak berbahaya dan menyehatkan bagi kesehatan. Namun, namanya rokok pastinya berbahaya bagi kesehatan. Meskipun dalam bentuk cara atau gaya pemakaian apapun itu. Malah, merokok dengan shisha  lebih berbahaya daripada merokok seperti biasanya. 

Shisha Lebih Bahaya daripada Rokok Biasa

Menurut WHO (World Health Organization), hanya dengan satu jam merokok shisha sama dengan menghabiskan sekitar kurang lebih 8 – 9 bungkus rokok. Bayangkan apabila lebih dari satu jam, sudah berapa bungkus rokok yang dinikmati. Sebab, shisha memiliki kandungan zat – zat berbahaya di dalamnya seperti karbon monoksida yang 15 x lebih banyak dan tar 36 x lebih banyak dibandingkan rokok biasa. Sehingga merokok shisha dapat menimbulkan beberapa macam gangguan pada kesehatan. Seperti berikut ini!

  • Penyakit Jantung
Sama dengan jenis rokok lainnya, rokok shisha juga beresiko terkena penyakit jantung apabila dikonsumsi. Sebab, di dalamnya terdapat kandungan racun yang dapat mengakibatkan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Sehingga beresiko juga terkena penyakit jantung. Yang membedakan hanyalah tingkat kadar racun dalam shisha lebih tinggi daripada rokok biasa.

  • Kanker
Berbeda dengan merokok pada umumnya, merokok shisha memiliki jangka waktu yang lebih lama untuk menghabiskan satu kali pembuatan rokok shisha. Sehingga membuat lebih banyak racun yang mengendap dalam tubuh. Racun tersebut berupa zat – zat yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker, seperti karbon monoksida, bahan – bahan kimia, dan logam. Semua jenis zat tersebut dapat menyebabkan terjadinya kanker mulut, kanker paru – paru, dan kanker kandung kemih.

  • Terinfeksi Penyakit Menular
Merokok shisha akan lebih rentan untuk mengalami penyakit menular, sebab merokok shisha yang biasanya terdapat di café atau tempat nongkrong lainnya digunakan secara umum atau bergantian. Hal inilah yang dapat memicu timbulnya sebuah penyakit pada tubuh, apalagi sebelumnya digunakan oleh penderita TBC atau bahkan HIV/AIDS dan penyakit menular berbahaya lainnya.

  • Kesuburan Pria Menurun
Bagi pria, rokok shisha dapat menyebabkan menurunnya kesuburan. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan logam berat pada rokok shisha, seperti krominum, kobalt, timah dan arsenik. Semua jenis logam berat tersebut dapat mempengaruhi kesuburan sel sperma seorang pria.

  • Penyakit Gusi
Karena lamanya merokok shisha terjadi peningkatan dan penggandaan nikotin serta cotinine di dalam darah. Sehingga membuat air liur pada seorang perokok shisha dapat mengganggu jaringan gusi dan menyebabkan beberapa penyakit pada gusi.

  • BB Bayi Rendah
Rokok shisha tidak hanya para pria yang gemar menggunakannya namun para wanita juga sering menggunakannya meskipun sebelumnya sama sekali tidak pernah merokok. Sebab, mereka beranggapan jika rokok shisha tidak berbahaya bagi tubuh daripada rokok biasa. Padahal bagi seorang wanita, merokok shisha dengan merokok biasa juga sama – sama dapat membahayakan kondisi kandungan. Bagi ibu hamil merokok shisha dapat menurunkan berat badan si bayi dan juga dapat pula akan mengalami gangguan pernafasan.


Itulah tadi beberapa dampak dari merokok shisha bagi kesehatan pria dan wanita. Jadi, tidak ada bedanya merokok biasa dengan merokok shisha mengenai bahayanya bagi kesehatan. Semua jenis rokok dapat mengakibatkan kecanduan dan memicu timbulnya beberapa macam penyakit serta gangguan pada tubuh. Untuk itu, hindari kebiasaan buruk merokok sekarang juga untuk hidup lebih sehat. Semoga bermanfaat! (Baca Juga: Organ Tubuh yang Rusak Akibat Merokok )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D