Apa Manfaat Senam Ritmik bagi Tubuh Kita?

Senam ritmik adalah senam yang sering disebut dengan senam irama. Senam ritmik merupakan senam yang diiringi dengan musik dan gerakan bebas dengan menciptakan keserasian berirama. Senam irama atau senam ritmik berasal dari pengembangan senam yang bertujuan menyalurkan hasrat untuk bergerak. Saat melakukan senam ritmik biasanya ditunjang dengan berbagai alat tertentu seperti tongkat, topi, bola, tali, simpe/hola hop serta alat lain yang bisa mendukung.
Apa manfaat senam ritmik bagi tubuh kita?
Image Source: pixabay.com
Senam ritmik terdiri dari gerakan-gerakan yang tidak boleh terputus. Rangkaian gerakan pada senam ritmik terdiri dari gerakan senam ritmik yang berasal dari beberapa sumber seperti, sumber seni teater, sumber seni musik, dan sumber seni tarian balet. Gerakan senam ritmik terdiri dari rangkaian gerak ayunan pergelangan kaki serta ayunan gerak tangan.

Dalam melakukan setiap gerakan dalam senam ritmik, perlu adanya kelenturan, keluwesan, keseimbangan dan fleksibilitas. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah saat melakukan gerakan-gerakan yang indah seperti gerakan melipat tubuh. Selain itu, pada saat melakukan setiap gerakan senam ritmik dibutuhkan keserasian dan ketepatan dalam setiap ketukan iramanya.

Senam ritmik adalah salah satu olahraga yang mementingkan keindahan dalam setiap gerakannya. Meskipun demikian, senam ritmik merupakan salah satu jenis olahraga yang bermanfaat bagi kesehatan. 

1. Membakar Lemak dan Kalori Yang Berlebihan

Latihan senam ritmik juga memiliki bagian pemanasan dan pendinginan dalam setiap prosesnya. Senam ritmik menggunakan gerakan yang memerlukan keindahan dan keluwesan tubuh. Kebanyakan gerakan yang dipakai juga melatih kelincahan walaupun dengan tempo sesuai ketukan musik yang mengiringi. Namun, senam ini juga mampu membakar lemak dan kalori yang berlebihan di dalam tubuh.

2. Menurunkan Berat Badan

Senam ritmik merupakan jenis olahraga yang dapat menurunkan berat badan secara alami karena setiap orang yang melakukan senam ini dituntut untuk mempunyai tubuh yang lentur. Dalam setiap gerakannya yang indah, juga berguna untuk menurunkan berat badan.

3. Memperbaiki Bentuk Tubuh

Jika sering melakukan senam ritmik, dapat bermanfaat untuk menjaga kekencangan otot-otot di dalam tubuh, terutama pada bagian paha, perut, dada, lengan dan pinggul. 

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Senam ritmik merupakan gerakan sentakan yang menonjolkan sebuah keindahan dengan tetap mengikuti irama musik yang mengiringinya. Dalam iringan musik yang cepat tempo gerakannya juga semakin cepat, dan sebaliknya jika iringan musiknya pelan maka gerakannya juga pelan. Hal tersebut berpengaruh dalam peningkatan kesehatan jantung karena pada saat melakukan gerakan yang lincah jantung dapat memompa darah lebih cepat.

Untuk mendapatkan manfaat senam ritmik juga perlu diimbangi dengan pemenuhan kebutuhan asupan nutrisi dan menerapkan kedisiplinan saat sedang melakukan senam ritmik. (Baca Juga: Manfaat Senam Lantai untuk Kesehatan )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D