Aneka Macam Jenis Kanker pada Pria yang Berbahaya

Jenis Kanker Berbahaya bagi Pria
Kesehatan merupakan hal yang terpenting dan sudah sepatutnya untuk dijaga setiap harinya. Setiap orang pasti pernah merasakan sakit pada tubuhnya. Namun, ada pula yang mengabaikan penyakit tersebut baik oleh pria ataupun wanita. 
Daripada wanita, pria lebih sering malas memeriksakan keadaannya saat sakit dan memilih mengabaikan penyakit yang dirasakan. Padahal kebiasaan ini sangat tidak dianjurkan dan berpotensi menimbulkan penyakit baru yang lebih berbahaya, salah satunya adalah kanker.

Banyak kasus yang mengungkapkan keterlambatan memeriksakan kondisi tubuh dapat berakibat buruk bagi kesehatan bahkan sampai dengan kematian. Termasuk kanker, kanker merupakan penyakit yang dapat mengancam nyawa penderitanya. Pencegahan merupakan hal yang terbaik untuk mengatasi penyakit ini. Sehingga dengan mengetahui gejala awal kanker dapat menyelamatkan nyawa si penderita tersebut.

Nah, berikut ini ada beberapa macam jenis kanker yang sangat berbahaya dan mematikan bagi pria yang wajib diketahui.
  • Kanker Paru – Paru
Kanker dapat menyerang organ mana saja pada tubuh, termasuk paru – paru. Kanker paru – paru merupakan jenis kanker yang lebih banyak diderita oleh kaum pria dan wanita. Penyebab dari penyakit ini adalah kebiasaan buruk merokok yang sulit untuk dihindari dan karena terlalu sering menghirup udara kotor akibat polusi asap kendaraan atau asap pabrik. Namun, penyakit ini dapat dicegah sejak dini. Caranya dengan menghindari kebiasaan merokok dan menjaga pola hidup sehat. Selain itu, gunakan masker saat keluar rumah.
  • Kanker Prostat
Sama halnya dengan jenis kanker lainnya, kanker prostat juga dapat mengakibatkan kematian apabila tidak diketahui gejalanya sejak dini. Dan menjadikan jenis kanker nomor dua yang telah menjadi penyebab kematian. Namun, penyakit ini dapat dengan mudah diobati dan dicegah apabila diketahui gejalanya sejak dini. Oleh karena itu, memeriksakan kondisi tubuh secara berkala merupakan hal yang terpenting untuk terhindar dari penyakit kanker.
  • Kanker Rektum dan Kanker Usus Besar
Kanker jenis ini sering diderita oleh pria usia 50 tahun ke atas. Penyakit ini berawal dari adanya benjolan kecil di area polip atau dubur sekitar anus manusia. Namun, benjolan tersebut apabila dibiarkan lama kelamaan dapat berubah menjadi kanker pada rektum dan usus besar yang membahayakan kesehatan pria yang menderita. Untuk mengatasinya adalah rutin memeriksakan kesehatan supaya tidak terlanjur menjadi kanker.
  • Kanker Pankreas
Kanker pankreas merupakan jenis kanker yang ikut andil sebagai penyebab terjadinya kematian pada manusia di dunia. Kanker jenis ini sulit untuk dideteksi dari awal dan dapat berkembang begitu cepat. Penderita kanker pankreas memiliki harapan hidup hanya sebesar 20% - 25%. Penelitian juga belum dapat mengetahui apa penyebab terjadinya penyakit kanker ini. Namun ada yang berspekulasi jika penyakit kanker pankreas disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti obesitas dan merokok.
  • Kanker Lever
Dibandingkan wanita, kanker lever lebih sering diderita oleh kaum adam (pria). Kanker lever juga merupakan jenis kanker yang sangat berbahaya dan menyebabkan kematian bagi penderitanya. Sebab, kanker jenis ini tidak menunjukan gejala terjangkit kanker dari stadium awal sampai stadium akhir. Sehingga membuat kanker lever sulit untuk dideteksi lebih awal dan apabila sudah pada lever akhir maka penderita tidak dapat ditolong.

Nah, demikian tadi beberapa jenis kanker yang sangat berbahaya bagi pria yang wajib diketahui. Jadi, mulai dari sekarang mulai menjalankan pola hidup sehat dan jangan malas untuk rutin memeriksakan kondisi tubuh. Sehingga terhindar dari beberapa macam penyakit, salah satunya adalah kanker. Sebab, penyakit kanker datangnya tidak terduga dan hanya dapat dicegah apabila rutin memeriksakan kondisi tubuh. (Baca Juga: Makanan Sehat untuk Meningkatkan Stamina Pria )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D