Penyebab Wanita Kecanduan Merokok dan Cara Mengatasinya

Sebagian orang memilih bahkan terjebak pada pola hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi minuman beralkohol, kebiasaan merokok, bahkan kebiasaan mengkonsumsi zat narkotika. Semua kebiasaan tersebut membuat orang yang mengkonsumsinya akan merasa kecanduan sehingga timbul keinginan untuk terus menikmatinya meskipun semua orang sudah mengetahui bahwa semua kebiasaan tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. 

Kebiasaan merokok merupakan hal yang sulit dihentikan meskipun semua orang sudah mengetahui bahaya yang ditimbulkan akibat kebiasaan merokok. Namun, menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa wanita lebih kesulitan untuk melepaskan diri dari kebiasaan menghisap rokok
Penyebab wanita kecanduan merokok dan cara mengatasinya
Image Source: pixabay.com
Kondisi tersebut disebabkan karena pengaruh menstruasi karena fase awal siklus menstruasi dapat mempersulit seorang wanita untuk berhenti merokok. Hal tersebut dipengaruhi oleh adanya ketidakstabilan hormon pada wanita sehingga membuat mereka tidak bisa berhenti untuk menghisap rokok

Data dari penelitian tersebut juga telah menunjukkan bahwa fase awal siklus menstruasi (fase folikular) akan menimbulkan keinginan luar biasa untuk merokok. Di sisi lain, penurunan hormon progesteron dan estrogen dapat menaikkan dan memperparah aktivitas sirkuit syaraf yang berkaitan dengan ngidam untuk terus menghisap rokok.

Selain mempertimbangkan siklus menstruasi, ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan jika ingin berhenti merokok, yaitu menghindari rasa cemas, stres dan depresi yang berlebihan karena faktor psikis dapat memicu keinginan seseorang untuk terus merokok. 

Kebiasaan merokok pada wanita dapat memicu pertumbuhan sel-sel kanker, gangguan kehamilan, kemandulan, serta dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya. Untuk itu, sangat penting untuk menghindari kebiasaan merokok, akan tetapi jika sudah mulai kecanduan sebaiknya cobalah untuk menghentikan kebiasaan tersebut secara bertahap namun pasti.

Menghilangkan kebiasaan merokok memanglah sulit namun bukan berarti hal tersebut tidak dapat dilakukan, menurut para ahli kebiasaan merokok dapat dihentikan dengan cara mengganti kebiasaan tersebut dengan mengkonsumsi permen serta dapat dilakukan dengan cara melakukan rutinitas di waktu luang supaya bisa menghilangkan keinginan untuk merokok. 

Menerapkan pola hidup dan kebiasaan sehat merupakan kunci utama yang bertujuan untuk menjaga tubuh agar tetap terbentengi dari bahaya dan gangguan penyakit serius. Oleh karena itu mulailah untuk menjaga kesehatan sejak dini karena mencegah lebih baik daripada mengobati. (Baca Juga: Organ Tubuh yang Rusak Akibat Merokok )

Advertisement

Artikel Lainnya :-D