Penyebab Anak Sering Sakit / Terserang Penyakit

Mempunyai anak yang sering sekali sakit tentunya akan meresahkan orang tuanya  karena dapat menganggu aktivitas sehari-hari dengan selalu memikirkan dan merawatnya. Biasanya anak dalam kondisi seperti ini cenderung mengalami sakit hampir setiap bulannya walaupun tidak berlangsung lama namun terkadang beberapa hari setelah sembuh anak akan kembali sakit. 

Kondisi tersebut biasanya sering dialami oleh anak dengan usia 0-2 tahun, namun apakah kondisi ini harus dicurigai? Untuk menjawab pertanyaan tersebut pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai penyebabnya beserta cara untuk mengatasinya. 

Penyebab Anak Sering Sakit / Terserang Penyakit
Image Source: pixabay.com
Seorang anak dapat dikategorikan sakit yang dianggap wajar apabila sakit minimal 4-8 kali dalam setahun. Sakit yang melampaui jumlah tersebut biasanya disebabkan karena sistem imun anak tidak berkembang sempurna sehingga rentan terkena infeksi mikroba dan virus.

Kondisi anak yang harus dikhawatirkan adalah ketika anak terus-menerus sakit, bahkan dalam satu bulan dapat mengalaminya 2-3 kali, biasanya penyakit yang dialaminya juga masih dalam taraf yang ringan seperti flu, batuk dan diare. Namun, hal tersebut harus segera dikonsultasikan dan harus dilakukan pemeriksaan terhadap kondisi anak agar mengetahui penyebabnya. 

1. Gangguan Imunologis

Gangguan imunologis adalah kondisi dimana daya tubuh anak sangatlah rendah sehingga rentan terkena infeksi yang memicu adanya suatu penyakit.

2. Infeksi Kronis

Kondisi anak yang sering sakit dapat disebabkan oleh adanya infeksi kronis, seperti melakukan kontak langsung dengan penderita TBC sehingga anak menjadi tertular.

3. Faktor Cuaca

Pergantian faktor cuaca yang tidak menentu akan mempermudahkan anak dengan riwayat keluarga alergi akan sering mengalami infeksi dan pilek. 

4. Gangguan Gizi

Penyebab selanjutnya adalah pemenuhan makanan yang tidak tepat sehingga tubuhnya akan bermasalah dengan asupan nutrisi yang tidak tercukupi, untuk itu para orang tua dituntut dapat mengkreasikan menu makanan anak agar mereka tertarik untuk mengkonsumsinya. 

5. Riwayat Penyakit Tertentu

Seorang anak yang mempunyai riwayat penyakit tertentu harus diberikan perhatian lebih agar dia tidak mengalami kondisi yang serupa dalam jangka waktu yang singkat. 

Supaya terhindar dari penyakit sebaiknya terapkan pola hidup sehat kepada anak-anak, seperti memberikan asupan makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga sistem pencernaanya, memberikan makanan yang bernutrisi tinggi, mengajaknya untuk aktif dalam beraktivitas, mengajarkannya untuk memperhatikan kebersihan, dan mengajaknya untuk beristirahat dengan kualitas tidur yang cukup. (Baca Juga: Jenis Olahraga yang Cocok untuk Anak  )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D