Mengenal Bintik Putih pada Kuku Tangan dan Kaki

mengenal bintik putih pada kuku
Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang sering mendapat perhatian lebih, karena mempunyai kuku yang indah dan terawat merupakan idaman semua orang khususnya bagi orang yang memperhatikan penampilan. Namun, terkadang kita menemukan bintik putih pada kuku yang akan berpengaruh pada kecantikan dan keindahannya.

Asumsi masyarakat mengatakan bahwa bintik putih tersebut merupakan tanda bahwa ada seseorang yang mengagumi atau membenci kita. Hal tersebut tidaklah benar karena bintik putih tersebut merupakan tanda bahwa ada yang salah dengan kondisi tubuh. 

Di dunia medis bintik pada kuku dikenal dengan Leukonychia, kondisi tersebut terjadi karena adanya trauma ringan atau cedera yang terjadi pada pertumbuhan kuku yang umumnya akan terjadi lebih lambat dari sebelumnya. Kemungkinan lain, bintik putih bisa menjadi tanda adanya infeksi ringan atau alergi dari efek samping pengobatan tertentu. Kondisi ini rentan sekali untuk dikaitkan dengan adanya kekurangan atau kelebihan vitamin dan kalsium meskipun kenyataannya hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Bintik putih atau noda putih pada umumnya sering ditemukan di kuku bagian tangan dibandingkan dengan kuku kaki, untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai bintik putih pada kuku mari simak informasi berikut ini.

1. Leukonychia Punctata

Jenis ini umumnya paling banyak dijumpai dimana bintik-bintik putih pada kuku nampak seperti titik atau garis kecil.

2. Leukonychia Sriata

Leukonychia stiata merupakan bintik putih pada kuku yang nampak seperti garis yang sejajar dengan pangkal kuku.

 3. Leukonychia Totalis

Kondisi ini terjadi apabila bintik kuku menyerang seluruh bagian kuku, hal ini kemungkinan terjadi akibat penyakit tertentu yang harus segera mendapat perhatian medis.

Informasi ini tentunya dapat mematahkan asumsi masyarakat yang menyatakan bahwa bintik putih pada kuku terjadi karena tanda bahwa ada orang yang mengagumi atau orang yang membenci. Bintik putih pada kuku merupakan reaksi dari kuku yang sedang mengalami luka atau cidera tanpa disadari sebelumnya. 

Namun, jika bintik putih tersebut muncul begitu banyak hampir mengenai seluruh kuku, hal tersebut patut untuk diwaspadai karena kemungkinan kondisi tersebut merupakan tanda bahwa tubuh mengalami penyakit seperti anemia, diabetes dan penurunan fungsi ginjal, apabila kondisi tersebut terjadi segeralah berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya secara spesifik. (Baca Juga: Cara Menyembuhkan Kaki dan Tangan yang Kesemutan  )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D