Manfaat Minum Wedang Jahe bagi Tubuh & Mengobati Penyakit

manfaat wedang jahe
Jahe merupakan tanaman semak yang banyak dijumpai di negara Indonesia, tanaman ini juga digolongkan menjadi tanaman herbal karena telah banyak digunakan sebagai komponen pembuatan obat-obatan tradisional. Jahe juga dapat diolah menjadi minuman, yang disebut dengan wedang jahe.

Wedang jahe merupakan salah satu minuman tradisional yang biasa dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh dan meredakan tenggorokan. Minuman ini merupakan ciri khas nusantara yang sudah dikonsumsi sejak jaman dahulu karena mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Kadar gingerol yang dimiliki berperan untuk membantu melancarkan sirkulasi darah karena memiliki sifat anti-koagulan yang sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Mengkonsumsi wedang jahe secara teratur dapat mengatasi berbagai masalah pada sistem pencernaan, seperti perut kembung, sembelit dan sakit tenggorokan.

3. Mengobati Sakit Kepala

Mengkonsumsi minuman ini dapat membuat otot-otot syaraf menjadi lebih rileks sehingga dapat mengatasi dan mengobati sakit kepala seperti migrain. 

4. Mengatasi Demam

Minuman ini juga berguna untuk menghilangkan demam, efek panas yang dihasilkan akan menghilangkan demam dalam bentuk keringat.

5. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Selanjutnya, minuman tradisional ini juga berkhasiat untuk membantu proses metabolisme di dalam tubuh hingga dapat menurunkan berat badan karena di dalamnya tidak terdapat kandungan kalori.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol

Selain dapat menurunkan berat badan, wedang jahe juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol secara alami dan aman.

7. Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Jika sirkulasi darah menjadi lancar setelah mengkonsumsi minuman ini tentunya akan berdampak baik dalam meningkatkan kebugaran tubuh sehingga tubuh tidak terasa pegal-pegal setelah mengkonsumsinya.

8. Mencegah Kanker

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi wedang jahe secara teratur bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker, seperti kanker usus dan kanker rahim.

9. Mendetoskifikasi Tubuh

Keringat yang dihasilkan setelah mengkonsumsinya berguna untuk meningkatkan sistem metabolisme khususnya dalam proses menghilangkan kandungan racun di dalam tubuh (detoksifikasi).

10. Menghilangkan Jerawat

Selain mempunyai manfaat untuk kesehatan, minuman ini juga bermanfaat untuk kecantikan karena dapat menghilangkan jerawat secara alami. Caranya cukup mengkonsumsi wedang jahe sebagai obat tradisional. 

Meskipun sudah banyak minuman ekstra jahe dalam kemasan yang tinggal diseduh, namun akan lebih baik apabila kita membuatnya sendiri dengan cara mengupasnya hingga bersih, mengpraknya, lalu menyeduhnya dengan air panas dan tambahkan gula secukupnya. Minuman ini juga dapat divariasikan untuk ditambahkan madu dan teh. (Baca Juga: Khasiat Konsumsi Teh Daun Jati China )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D