Manfaat Makan Sayur Seledri untuk Ginjal

Manfaat Sayur Seledri
Seledri merupakan jenis sayur-sayuran yang digolongkan dengan keluarga Umbelliferae karena sama dengan peterseli. Pada umumnya seledri digunakan sebagai salah satu komponen untuk membuat salad, sup, dan jus sayur. Di sisi lain, sayuran ini mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh sehingga digolongkan pula menjadi salah satu jenis tanaman obat karena memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan ginjal.

Di dalam sayuran ini terdapat kandungan vitamin A, vitamin B kompleks (B1, B2, B6), vitamin C, kalsium, magnesium, asam amino esensial, potassium, natrium, folat dan zat besi. Semua kandungan nutrisi tersebut berguna untuk menjaga kestabilan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi), serta berguna untuk membantu melancarkan fungsi ginjal dan berguna untuk menjaga kesehatan ginjal.

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang mempunyai peran penting yaitu, menyaring darah sehingga darah tidak tercemar oleh racun dan kotoran yang dihasilkan oleh tubuh, mengatur volume darah, dapat mempertahankan keseimbangan di dalam tubuh, serta dapat mendaur air, kandungan mineral, glukosa dan semua gizi yang masuk ke dalam nefron yang akan dikembalikan ke dalam peredaran darah.

Berikut Ini, Langkah-langkah Untuk Menjaga Fungsi Ginjal Menggunakan Seledri :
  1. Ambilah seikat daun seledri yang masih segar
  2. Cucilah hingga bersih dengan air mengalir
  3. Potonglah menjadi ukuran kecil-kecil
  4. Kemudian, rebuslah hingga mendidih minimal hingga 10 menit
  5. Saring dan ambil airnya untuk dikonsumsi selagi dingin
  6. Konsumsilah ramuan tersebut satu gelas setiap harinya untuk mengurangi racun yang menumpuk di dalam air seni

Dengan mengkonsumsi seledri secara teratur tentunya dapat menjaga kesehatan dan fungsi ginjal supaya terhindar dari berbagai gangguan ginjal seperti, batu ginjal, radang ginjal dan gagal ginjal, untuk mendapatkan hasil yang maksimal para ahli menganjurkan mengkonsumsi seledri dalam bentuk cair supaya proses penyerapannya berlangsung dengan cepat.

Selain berguna untuk menjaga fungsi ginjal, seledri berguna untuk menyeimbangkan Ph di dalam tubuh, melancarkan fungsi sistem syaraf, melancarkan sistem pencernaan dan berguna sebagai minuman untuk penganti cairan tubuh yang hilang setelah melakukan aktivitas berat seperti latihan fisik.

Penting sekali untuk tidak menyepelekan mengkonsumsi daun seledri setelah mengetahui manfaatnya, penting juga untuk memilih daun seledri segar sebelum mengolah dan mengkonsumsinya.  (Baca Juga: Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D