Manfaat Bunga Dandelion bagi Kesehatan dan Kecantikan

manfaat bunga dandelionBukan suatu hal baru lagi bahwa bunga dandelion merupakan tanaman yang indah, sehingga sangat cocok digunakan sebagai hiasan atau dekorasi di hamparan tanah yang luas. Tanaman ini digemari oleh semua kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa, sebagian besar dari mereka gemar berlama-lama berada di dekat bunga-bunga ini.

Dandelion sangat identik dengan bentuknya yang mungil dan imut, tanaman ini dapat berkembang biak dengan bantuan angin. Namun, siapa yang menduga di balik bentuknya yang imut dan indah ternyata tersimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan tinggi kalsium di dalamnya berguna untuk menjaga kesehatan tulang, mencegah pengeroposan tulang berguna untuk menjaga kepadatan tulang 

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Bunga ini mampu meningkatkan nafsu makan dan berguna untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga organ-organ pencernaan menjadi sehat dan terhindar dari berbagai masalah seperti sembelit, diare, dan wasir. 

3. Mengurangi Resiko Penyakit Hati

Antioksidan tinggi dan vitamin C di dalamnya bermanfaat untuk memerangi racun di dalam organ hati, selain itu kedua kandungan tersebut berguna untuk memaksimalkan fungsi hati dan dapat mengatur produksi cairan empedu. 

4. Melawan kanker

Daun bunga dandelion mempunyai kandungan fitonutrien tinggi yang mempunyai kemampuan untuk mencegah dan mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tanaman ini berperan sangat efektif untuk memerangi infeksi yang disebabkan oleh mikroba dan jamur berbahaya yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Sifat diuretik yang dimilikinya berguna untuk menjaga tekanan darah, di sisi lain juga terdapat kandungan kalium dan serat yang berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah dan menstabilkan tekanan darah. 

7. Mengurangi jerawat

Mengkonsumsi teh dandelion berguna mengurangi jerawat dan menghaluskan kulit karena kandungan fitronutrien di dalamnya berperan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan berperan untuk mengeluarkan kotoran penyebab jerawat. 

8. Menurunkan Berat Badan

Sifat diuretik alaminya berguna untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga bermanfaat untuk melancarkan buang air kecil dan buang air besar, semakin banyak lemak yang dikeluarkan melalui kotoran akan menurunkan berat badan secara alami.

Dandelion memang dapat diolah menjadi obat tradisional, seperti teh dandelion. Namun, tanaman ini dapat menyebabkan alergi bagi beberapa orang sehingga konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsinya. (Baca Juga: Khasiat Bunga Sepatu sebagai Obat Tradisional )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D