Manfaat Buah Buni untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

manfaat buah buni
Kemungkinan besar, banyak orang yang belum mengetahui tentang buah buni. Sekilas buah ini memang mirip seperti buah anggur karena berbentuk bulat kecil dan bergerombol, di dunia biologi tanaman ini dikenal dengan sebutan Antidema Thwaitesianum.

Buah ini termasuk jenis buah yang langka karena pada saat ini jarang sekali bisa ditemukan, ciri khas darinya adalah memiliki rasa asam manis yang begitu segar sehingga sangat cocok untuk diolah menjadi sirup, selai, salad, campuran rujak dan lain sebagainya.

Meskipun mempunyai ukuran yang kecil, namun buah ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berdasarkan penelitian buah ini mengandung banyak nutrisi yang sangat baik bagi tubuh manusia, diantaranya adalah sumber vitamin, sumber mineral, serat dan kandungan nutrisi lainnya. Setelah mengetahui kandungan gizi di dalamnya, pada kesempatan kali ini juga akan dijelaskan mengenai manfaat yang terdapat di dalamnya.

1. Mencegah Kanker

Kandungan vitamin C di dalamnya berguna sebagai sumber antioksidan tinggi yang mempunyai kemampuan untuk menangkal efek radikal bebas seperti mencegah dan mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Serat tinggi yang dimiliki oleh buah ini sangat berguna untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga organ-organ pencernaan menjadi sehat serta dapat terhindar dari masalah gangguan pencernaan seperti sembelit dan wasir.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan di dalamnya juga mempunyai kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang produksi sel-sel darah putih.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Buah ini juga kaya akan kandungan vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata dan mampu mencegah terjadinya mata katarak.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dan vitamin E di dalamnya berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dengan meningkatkan proses degenerasi, menutrisi kulit, serta dapat menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga kulit akan nampak lebih halus, putih, dan bersinar. 

6. Mengobati Penyakit Kulit

Sifat anti-inflamasi dan diuretik alami yang dimiliki buah ini sangat berguna untuk mengatasi berbagai penyakit kulit, seperti gatal alergi, gatal akibat gigitan nyamuk, bisul dan lain sebagainya. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut :
  • Siapkan buah buni yang sudah matang sebanyak 30-40 buah
  • Cucilah hingga bersih, kemudian buang bijinya
  • Makanlah daging buah buni sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari
  • Kemudian, minumlah air putih untuk menetralisir rasa sepat setelah mengkonsumsinya
Buah ini memang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun buah ini sangat sulit ditemukan dan sulit untuk dikenali, sehingga jangan asal mengambil dan mengkonsumsi buah ini begitu saja sebelum mengetahui kebenaran bahwa pembaca sudah mengambil buah yang tepat karena ada banyak buah beracun yang menyerupai buah buni. (Baca Juga: Khasiat Buah Aprikot bagi Kesehatan )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D