Manfaat Bawang Kucai untuk Kecantikan & Kesehatan

manfaat bawang kucai
Bawang kucai merupakan jenis tanaman yang masih asing untuk masyarakat Indonesia karena pada umumnya tanaman ini jarang dipakai dalam membuat menu masakan Indonesia, dan lebih sering digunakan dalam masakan masyarakat Tionghoa, seperti bubur ayam.

Bawang kucai atau yang bisa disebut dengan daun kucai mempunyai nama latin Allium Tuberosum yang mempunyai bentuk daun menyerupai daun bawang merah, selain mempunyai bentuk yang hampir sama bawang kucai juga mempunyai kandungan yang sama dengan bawang merah yaitu zat allicin.

Jika membahas tentang kucai, pastinya juga akan dibahas mengenai manfaatnya. Bawang kucai mempunyai kandungan nutrisi dan kandungan senyawa yang sangat efektif untuk kesehatan tubuh.

1. Mencegah Kanker

Kandungan flavonoid dan sulfur di dalamnya mempunyai kemampuan untuk mencegah dan mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker paru-paru. Selain itu, kandungan flavonoid di dalamnya berguna untuk melawan radikal bebas.

2. Mengatasi Masalah Kulit

Tanaman ini mempunyai sifat anti-jamur dan anti-bakteri yang berguna untuk mengatasi infeksi kulit sehingga dapat mengatasi masalah kulit seperti jerawat, panu, gatal alergi, bisul, memar dan gangguan kulit lainnya.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat pangan yang terdapat di dalamnya mempunyai kemampuan untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga dapat menjaga kesehatan organ pencernaan, mencegah sembelit dan mampu menurunkan berat badan.

4. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Kucai mempunyai kandungan zat allicin yang berfungsi untuk mengurangi tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Selain itu, kandungan zat tersebut juga berguna untuk menghilangkan bakteri dan jamur yang terdapat di dalam usus.

5. Menyehatkan Rambut

Dengan mengkonsumsi bawang kucai secara teratur dapat menyehatkan rambut dengan cara menutrisi folikel rambut sehingga rambut menjadi kuat, halus dan terlihat berkilau.

Di balik daunnya yang kecil terdapat banyak sekali manfaat yang berguna bagi kesehatan dan kecantikan, untuk itu janganlah ragu untuk mengkonsumsinya karena bawang kucai mudah di dapatkan di supermarket dan pasar modern dengan harga yang relatif murah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi refrensi harian sehat pembaca. (Baca Juga: Kegunaan Bawang Putih bagi Pengobatan Tradisional  )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D