Kandungan Nilai Gizi Ikan Tenggiri per 100 gram


Ikan tenggiri adalah salah satu ikan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Daging ikan tenggiri dapat diolah dan dijadikan sebuah komponen makanan seperti siomay, pempek, krupuk serta aneka makanan dan jajanan lainnya. Tenggiri merupakan kerabat dekat dari ikan mackerel. Ikan tenggiri mempunyai daging yang lembut serta memiliki bau yang khas. Selain nikmat dikonsumsi karena rasanya yang gurih, ikan tenggiri juga mempunyai kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa di dalam 100 gram daging ikan tenggiri terdapat kandungan protein 21,5 g, energi 109 kkal, asam lemak 2,6 g,  serta kandungan mineral 2,9 g.

Ikan tenggiri mempunyai protein yang lebih tinggi dengan kandungan protein yang terdapat pada kacang-kacangan. Kandungan protein di dalam ikan tenggiri setara dengan telur dan daging. Ikan tenggiri memiliki kandungan asam amino yang mudah dicerna oleh tubuh.

kandungan gizi ikan tenggiriTenggiri merupakan jenis ikan yang mempunyai kandungan asam lemak yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan asam lemak di dalamnya adalah lemak tidak jenuh yang berperan sebagai penjaga kestabilan kadar kolesterol di dalam tubuh. Sumber asam lemak omega 3 di dalam ikan tenggiri juga berfungsi untuk menurunkan kolesterol dan menutrisi serta menyehatkan otak.

Selain kaya akan kandungan asam lemak dan protein, tenggiri juga mempunyai kandungan sumber mineral seperti fosfor, zat besi, selenium, seng dan yodium. Zat besi berperan untuk mencegah terjadinya penyakit anemia. Sementara itu kandungan selenium di dalam ikan tenggiri berperan untuk mencegah resiko terjadinya radikal bebas. Sedangkan kandungan seng serta yodium berfungsi untuk membantu kerja hormon dan enzim, serta kandungan yodium di dalamnya mampu mencegah penyakit gondok.

Ikan tenggiri mempunyai kandungan energi atau kalori yang cukup tinggi, jika mengkonsumsi ikan tenggiri dalam bentuk olahan pempek dan siomay akan bertambah hingga 500 kkal. Kerena memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi dan mempunyai sifat yang mudah dicerna, hal itu membuat ikan tenggiri sebagai salah satu jenis ikan yang direkomendasikan sebagai salah satu menu diet sehat harian.

Di dalam ikan tenggiri juga terdapat kandungan kolesterol meskipun dalam jumlah yang rendah. Hal itu yang membuat ikan ini harus dikonsumsi secara bijaksana khususnya bagi orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi.(Baca Juga: Kandungan Nutrisi Ikan Tuna  )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D