Kandungan Gizi & Manfaat Daun Lobak bagi Kesehatan

manfaat daun lobakLobak merupakan salah satu sayuran yang digolongkan dalam keluarga umbi-umbian yang sekilas mirip dengan wortel. Lobak biasanya dimanfaatkan untuk membuat acar dan dijadikan sebagai campuran soto, tanaman yang berasal dari Cina ini sudah banyak dibudidayakan di negara Indonesia sehingga tidaklah sulit untuk menemukannya.

Selain dapat dikonsumsi, lobak juga dapat digunakan untuk mengobati gangguan kesehatan seperti demam dan gangguan ginjal. Namun, di sisi lain daun lobak juga mempunyai manfaat yang tidak kalah baiknya dengan umbi lobak.

Di dalam daun lobak terdapat kandungan nutrisi sebesar 30 Kkal, karbohidrat 5.8 gram, lemak 0.4 gram, protein 2.3 gram, kalsium 140 mg, fosfor 33 mg, dan zat besi 4 mg. Di sisi lain juga terdapat kandungan sumber vitamin yang terdiri dari vitamin A sebanyak 1000 IU, vitamin B1 0.07 mg, dan kandungan vitamin C 109 mg.

Setelah mengetahui kandungan gizi di dalamnya, pada kesempatan kali ini juga akan dijelaskan mengenai manfaat daun lobak bagi kesehatan tubuh. Berikut penjelasannya!

1. Mengurangi Efek Pramenstruasi

Kandungan asam folat di dalamnya berperan efektif untuk meredakan efek pramenstruasi sindrom atau PMS, biasanya kondisi ini terjadi sebelum memasuki masa haid hingga awal berlangsungnya haid.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat di dalamnya mempunyai kemampuan untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga organ-organ pencernaan menjadi sehat dan dapat mencegah terjadinya sembelit. 
3. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan sumber vitamin C tinggi sangat baik untuk kesehatan kulit sehingga kulit nampak lebih halus, kencang, dan terlihat awet muda.

4. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi di dalamnya berguna untuk memproduksi sel-sel darah merah sehingga dapat mencegah dan mengobati penyakit anemia.

5. Mencegah Kejang Otot

Kalium di dalam daun lobak mampu menjaga kesehatan dan kekuatan otot sehingga dapat mencegah terjadinya kejang otot dan cedera otot.

6. Mengeluarkan Racun

Kandungan zat antioksidan yang dimiliki berguna untuk menangkal efek radikal bebas sehingga dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan kandungan racun yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

7. Melancarkan Sirkulasi Darah

Selain berguna untuk mengeluarkan racun, kandungan kalium di dalamnya juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah.

8. Mengurangi Nyeri Sendi

Kandungan vitamin K yang terdapat di dalamnya, bekerja untuk menjaga kesehatan tulang sehingga berperan efektif untuk mengurangi dan meredakan nyeri pada daerah persendian.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, penting selalu mengkonsumsi secara teratur dalam porsi yang bijaksana atau tidak berlebihan. (Baca Juga: Khasiat Daun Cincau Hijau dan Hitam )


Advertisement

Artikel Lainnya :-D