Cara Mengobati Penyakit Kista Ovarium secara Alami

Kista merupakan penyakit berupa benjolan yang berisi cairan yang terdapat di dalam organ reproduksi wanita, yaitu indung telur. Kista mempunyai ciri khas dengan bentuknya yang kistik, ada juga yang berbentuk seperti anggur, di dalamnya terdapat cairan yang kental berupa nanah, dan kandungan lainnya. 

cara mengobati kista ovariumPenyakit ini digolongkan dalam jenis tumor jinak, tumor ini terbungkus oleh selaput seperti jaringan, apabila kumpulan tumor tersebut terpisah dengan jaringan normal maka tidak akan menyebar ke bagian tubuh lainnya oleh karena itu tumor jinak lebih mudah ditaklukkan dengan cara diangkat melalui proses pembedahan atau operasi. 

Pada umumnya penyakit ini disebabkan oleh faktor luar seperti polusi udara, debu dan dioksin asap pabrik yang dapat menurunkan daya tahan tubuh manusia sehingga dapat mempercepat terjadinya pertumbuhan kista. Pertumbuhan penyakit ini juga disebabkan oleh pola hidup yang salah, seperti sering mengkonsumsi makanan yang mengandung pengawet, pewarna dan kandungan zat kimia lain yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Selain itu, penyakit ini dapat terjadi karena faktor genetik atau keturunan. 

Gejala penyakit ini ditandai dengan adanya rasa nyeri selama masa haid, selalu merasa ingin buang air besar atau kecil, dan sering merasakan nyeri pada daerah perut bagian bawah, untuk memastikannya para ahli menyarankan untuk merabanya pada daerah perut karena penyakit ini ditandai dengan adanya benjolan pada perut bagian bawah. Di sisi lain kista akan pecah apabila penderitanya melakukan hubungan intim sehingga akan menyebabkan rasa nyeri yang tak tertahankan pada perut bagian bawah.

Selain dapat dilakukan pembedahan untuk mengobatinya, penyakit ini juga dapat diobati dengan cara yang alami. Untuk mengetahui caranya, mari simak informasi berikut ini :

1. Kayu Manis

Di dalam kayu manis terdapat sifat kapabilitas yang berguna untuk mempengaruhi kelenjar adrenal untuk mengatur produksi hormon di dalam tubuh, kayu manis juga dapat memberantas penyakit kista secara alami caranya dapat dilakukan dengan membuat wedang kayu manis yang dikonsumsi secara teratur.

2. Minyak Jarak
  • Minyak jarak berfungsi untuk menekan fibroid pada rahim, caranya dapat dilakukan dengan :
  • Menghangatkan beberapa tetes minyak jarak
  • Oleskanlah pada perut bagian bawah
  • Tutupilah dengan handuk
  • Kemudian, timpahlah dengan bantal pemanas atau bisa ditutup menggunakan botol dengan air panas
  • Diamkan selama 30-60 menit
  • Ulangilah proses ini selama 2 hingga 3 kali dalam sehari
  • Jangan melakukan cara ini, jika sedang hamil
Kedua cara ini dapat diterapkan dengan mudah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan cara ini secara teratur dengan tetap memeriksakan kesehatan diri secara berkala.  (Baca Juga: Mitos dan Fakta Seputar Menstruasi )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D