Cara Mengobati Mata Merah karena Iritasi Softlens

Cara Mengobati Mata Merah karena Iritasi Softlens Mata merah sering terjadi ketika terkena iritasi atau mata gatal. Iritasi tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya pemakaian softlens. Pemakaian softlens yang tidak benar dan tidak cocok dengan mata dapat membuat iritasi sehingga mata menjadi merah dan beberapa macam gangguan lainnya pada mata.

Iritasi mata dapat diatasi dengan beberapa macam cara, seperti beberapa macam cara berikut ini untuk mengatasi mata merah akibat pemakaian softlens.

  • Hindari Memakai Softlens Di Tempat Berdebu

Penggunaan softlens di tempat yang kotor dan berdebu dapat menyebabkan iritasi mata sehingga mata menjadi merah. Hal tersebut diakibatkan oleh partikel kecil dari debu yang dapat menempel pada softlens dan dapat mengganggu mata. Alhasil mata akan gatal dan menjadi merah.

  • Gunakan Softlens Sebelum Make Up

Make up atau berias diri dapat mengotori lensa kontak yang disebabkan oleh bedak atau peralatan make up yang digunakan. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya gunakan softlens sebelum make up dan berhati – hati saat berias. Jangan sampai partikel dari bedak dapat masuk dalam mata, sehingga menyebabkan mata merah.

  • Cuci Bersih Softlens

Kebersihan softlens juga menjadi sangat penting untuk diperhatikan, sebab inilah faktor utama yang dapat menyebabkan mata menjadi merah bahkan sampai iritasi. Saat hendak menggunakan softlens sebaiknya cuci tangan dengan air bersih tanpa sabun atau deterjen lainnya, sebab dapat merusak softlens dan perih di mata. Setelah sudah dianggap bersih dan steril, cuci softlens dengan cairan khusus untuk softlens dengan cara diraba dengan tangan selama 3 detik. 

Nah, softlens siap untuk digunakan. Apabila ingin melepas softlens, caranya hampir mirip dengan saat ingin menggunakan softlens. Pertama cuci tangan sampai bersih dengan air non sabun atau deterjen. Dan setelah dilepas, masukkan ke wadah khusus softlens agar tidak kering. Cara ini dapat membuat softlens tetap terjaga kebersihannya dan nyaman di mata.

  • Gunakan Softlens Berkadar Air Tinggi

Tidak semua jenis mata cocok dengan softlens yang sama. Adapula yang sebentar memakai softlens sudah mengalami mata merah dan iritasi. Seperti mata yang sensitif, sebaiknya gunakan softlens yang berkadar air tinggi. Dengan ini mata tidak lagi mengalami iritasi atau mata merah. Namun, apabila tidak cocok sebaiknya konsultasikan ke dokter mata untuk diberikan pengarahan lebih lanjut tentang pemakaian softlens bagi mata yang sensitif.

  • Gunakan Softlens yang Pas

Ukuran softlens sangat beragam, ada yang besar, sedang dan ada pula yang kecil. Bagi para pengguna softlens pemula sebaiknya gunakan dengan ukuran yang sedang dahulu. Jangan paksakan untuk menggunakan softlens dengan ukuran yang besar. Sebab dapat memberikan rasa tidak nyaman pada mata. Begitu juga dengan softlens yang berukuran kecil, dapat pula menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata.

Nah, itulah tadi tips mencegah iritasi mata akibat penggunaan softlens. Jadi, softlens dapat menjadi sebuah benda yang hanya membuat gangguan pada mata. Memang softlens dibuat untuk memperindah mata supaya tampak berbeda. Namun, hanya karena penampilan yang menarik harus mengorbankan kesehatan.  Semoga bermanfaat! (Baca Juga: Efek Samping Penggunaan Softlens / Lensa Kontak Terlalu Lama )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D