Bolehkah Tidur Siang Saat Haid / Menstruasi?

Menstruasi merupakan siklus alamiah yang terjadi pada setiap wanita usia produktif , biasanya menstruasi pertama didapatkan oleh wanita sejak berusia 9 tahun hingga 16 tahun. Namun tidak semua wanita mendapatkan siklus ini pada usia yang sama, perbedaan usia ketika mendapatkannya dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti faktor hormon, berat badan dan kondisi kesehatan. Siklus ini akan terhenti dengan sendirinya ketika seorang wanita menginjak masa menopause yang dialami saat menginjak usia 45 tahun. 

Secara normal siklus ini dialami oleh wanita selama 2 hingga 15 hari setiap bulannya. Namun, ada juga wanita yang mengalami menstruasi selama 28 hari, biasanya hal itu terjadi karena mereka mengalaminya 2 kali dalam satu bulan dan hal tersebut masih dianggap normal. 

Sumber Gambar:
https://www.flickr.com/photos/antara365/3128452092
Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa siklus tersebut menandakan tubuh bekerja dengan normal karena melakukan fungsi yang seharusnya. Selain itu, menstruasi yang dialami setiap bulannya dapat membantu proses pelepasan bakteri dari sistem reproduksi serta dapat menghilangkan kandungan zat besi yang berlebihan sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung, stroke dan alzehimer.

Sebagian besar wanita yang mengalami menstruasi merasa tidak nyaman karena mendapatkan berbagai keluhan seperti rasa sakit di bagian payudara, sakit di bagian perut bawah, kepala menjadi pusing dan beberapa keluhan lainnya. Beberapa wanita juga akan lebih sensitif, emosional  dan akan merasa lebih malas untuk melakukan aktivitas sehari-hari sehingga banyak yang  menghabiskan waktunya untuk tidur.

Sejak jaman dahulu hingga sekarang banyak asumsi masyarakat yang tidak memperbolehkan banyak hal untuk dilakukan oleh wanita, khususnya bagi wanita yang sedang mengalami siklus menstruasi. Kebanyakan wanita mempercayai hal tersebut walaupun belum terbukti kebenarannya, hal tersebutlah yang berkembang menjadi mitos di kalangan masyarakat luas seperti larangan untuk tidur siang ketika menstruasi.

Lantas, apakah benar wanita yang mengalami menstruasi tidak diperbolehkan untuk tidur siang?

Sebuah mitos mengungkapkan bahwa wanita yang mengalami menstruasi tidak diperbolehkan untuk tidur siang karena tidur siang akan menyebabkan darah menjadi naik ke kepala sehingga akan timbul flek hitam di area sekitar mata. Informasi tersebut tidak dibenarkan oleh para medis karena dunia medis menyatakan bahwa wanita yang mengalami menstruasi memerlukan istirahat yang cukup agar terhindar dan dapat mengatasi terjadinya PMS (Syndrome Pra-mestrual).

Setelah mengetahui kebenaran ini sangat diharapkan untuk memperbanyak istirahat supaya tubuh menjadi bugar dan tidak lemas. Penting juga untuk tidak melakukan kebiasaan yang merugikan kesehatan tubuh. (Baca Juga: Manfaat Tidur Tanpa Busana bagi Wanita )

Advertisement

Artikel Lainnya :-D