Bahaya Tidur di Lantai bagi Kesehatan Anak / Bayi

bahaya bayi tidur di lantai
Memperhatikan tumbuh kembang anak dan kebiasaan mereka sehari-hari merupakan hal yang selalu dilakukan oleh setiap orang tua, melihat kebiasaan anak ketika bermain bisa menjadi salah satu hiburan tersendiri bagi setiap orang tua karena anak-anak sering menunjukkan tingkah lucu yang begitu mengemaskan sehingga orang yang melihatnya ikut larut dengan kebahagiaan mereka. 

Namun, sebagian besar orang tua sering merasa cemas dengan kebiasaan yang dilakukan oleh anak-anak mereka, termasuk kebiasaan seorang anak yang lebih senang untuk tidur di lantai daripada tidur di atas kasur, biasanya kebiasaan ini disebabkan karena dia merasa gerah untuk tidur di atas kasur sehingga menyebabkan rasa yang tidak nyaman.

Lantas, apakah kebiasaan ini berbahaya bagi kesehatan anak? Bila dibiarkan secara terus-menerus kebiasaan ini bisa menyebabkan adanya gangguan penyakit seperti batuk, pilek, masuk angin akibat lantai yang terlalu lembab dan dingin karena mengingat sistem kekebalan tubuh anak tidak akan selalu stabil. Kondisi ini akan lebih parah terjadi apabila seorang anak yang sering tidur di lantai mempunyai riwayat kesehatan alergi udara, penyakit asma dan gejala bronkitis. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mengurangi kebiasaan tidur di lantai.
  1. Usahakan agar tubuh anak tidak bersentuhan langsung dengan lantai, berikanlah alas yang cukup tebal dan bersih seperti selimut, matras, bed cover. Namun, pemberian alas berupa karpet kurang disarankan karena debu yang menempel di dalamnya dapat memicu anak menjadi bersin-bersin.
  2. Pindahkan si kecil di atas kasur saat sedang tertidur pulas.
  3. Pilihlah kasur atau alas tidur yang menarik sehingga si kecil tertarik untuk tidur di atasnya.

Meskipun kebiasaan tidur di lantai tidak berakibat fatal akan tetapi kebiasaan tersebut dapat mempengaruhi kesehatan anak sewaktu-waktu karena mengingat bahwa sistem kekebalan tubuh anak tidak selalu berada pada kondisi yang stabil. Untuk itu batasilah kebiasaan anak yang merugikan bagi kesehatan mereka agar kondisi mereka tetap terjaga, berikan pengertian kepada anak untuk menanamkan bahwa tidur di atas alas / kasur merupakan hal yang nyaman untuk dilakukan. (Baca Juga: Cara Mengatasi Anak yang Suka Mengompol Saat Tidur )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D