Aneka Macam Jenis Teh Sehat yang Baik bagi Tubuh

Teh, siapa yang tidak suka dengan minuman sehat yang satu ini. Teh merupakan minuman sehat yang sudah sejak dahulu ditemukan di daratan China dan sekarang sudah tersebar di seluruh dunia serta telah memiliki para penggemarnya sendiri. Minuman ini memiliki berbagai macam kandungan di dalamnya yang masing – masing kandungan tersebut memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Seperti manfaat teh yang dapat menurunkan berat badan, mencegah dan mengatasi kanker, mencegah kardiovaskular dan beragam manfaat lainnya yang dapat ditemukan dalam secangkir teh.

Teh pada dasarnya mirip dengan kopi, namun yang membedakan hanyalah bahan yang digunakan atau yang diseduh. Teh terbuat dari daun teh yang telah melewati beberapa proses pengolahan. Mulai dari memetik daun teh yang bagus, lalu proses sortir sampai proses pengemasan. Cara membuat teh juga sangat mudah, cukup dengan menyeduh daun teh kering dengan air panas dan tunggu sampai hangat. Jangan lupa diberi gula atau pemanis kesukaan untuk menghilangkan rasa pahit asli dari daun teh.

macam - macam teh sehat bagi tubuhBenar, teh asli memiliki rasa pahit sehingga memerlukan pemanis untuk menghilangkan atau menyamarkan rasa pahit tersebut. Namun jangan terlalu banyak memberi pemanis pada teh, sebab dapat beresiko diabetes melitus. Namun, seiring berkembangnya banyak varian teh yang telah bermunculan. Jenis teh sehat yang terkenal sekarang ini adalah teh hijau, tetapi masih ada banyak jenis teh sehat lainnya.

Teh hijau memiliki rasa pahit dan hambar sehingga tidak banyak orang yang menyukai minuman sehat yang satu ini. Meskipun begitu jangan khawatir sebab masih ada beberapa jenis teh sehat yang dapat menjadi alternatif pengganti teh hijau. Apa saja minuman teh sehat pengganti teh hijau? Berikut jawabannya!
  • Teh Hibiscus
Seperti namanya, minuman ini terbuat dari bunga sepatu atau dikenal juga dengan hibiscus. Teh ini tergolong minuman sehat yang kaya akan manfaat bagi kesehatan. Manfaat tersebut seperti dapat mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi, mencegah serangan jantung dan stroke. Untuk mendapatkan manfaatnya dapat dengan cara mengkonsumsi teh hibiscus tiga kali sehari.
  • Teh Putih
Teh putih merupakan minuman sehat yang rendah akan kandungan kafein di dalamnya. seperti namanya, teh ini memiliki warna putih yang menggoda. Selain rendah kafein, teh putih juga tinggi akan kandungan zat antioksidan di dalamnya. Sehingga membuat minuman sehat ini memiliki manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan, seperti mencegah penyakit kardiovaskular, mencegah dan melawan kanker dan mencegah penyakit diabetes melitus.
  • Teh Hitam
Ternyata tidak hanya teh putih yang banyak dikenal orang, namun ada pula teh hitam yang tidak kalah manfaatnya bagi kesehatan. Teh hitam merupakan salah satu jenis minuman sehat yang kaya akan antioksidan dan juga mengandung kafein. Dengan adanya kandungan tersebut membuat teh hitam memiliki manfaat untuk mencegah penyakit Alzheimer dan Parkinson yang sering menyerang di usia lanjut. Selain itu, dengan mengkonsumsi teh hitam sebanyak 4 cangkir per harinya dapat mencegah penyakit stroke sebanyak 21%. Oleh karena itu, minum teh hitam supaya terhindar dari bahaya penyakit stroke.
  • Teh Oolong
Teh Oolong merupakan jenis minuman sehat yang memiliki kandungan kafein dan tinggi akan zat antioksidan di dalamnya. Atau gabungan manfaat dari teh hijau dengan teh hitam. Kandungan tersebut dapat bermanfaat untuk program diet atau penurunan berat badan dan meningkatkan sistem kekebalan dan metabolisme tubuh.

Jadi, banyak ragam minuman sehat yang dapat ditemui. Salah satunya adalah minuman teh. Minuman sehat ini memiliki beragam jenis tergantung dari bahan yang dijadikan teh, dapat dari dedaunan atau bunga yang dirasa memiliki manfaat bagi kesehatan. So, selamat menikmati teh sehat hari ini! (Baca Juga: Manfaat Teh Daun Jati China untuk Tubuh)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D