Aneka Macam Jenis Metode Cara Pengobatan Kanker Serviks

jenis pengobatan kanker seviksKanker leher rahim atau yang sering disebut dengan kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker ganas yang menyerang saluran reproduksi perempuan. Pada umumnya orang yang menderita penyakit ini akan mengalami rasa ketakutan dan menjadi putus asa untuk kembali sembuh, meskipun demikian dukungan simpati dan empati dari orang-orang terdekat merupakan salah satu cara agar penderita bersemangat untuk sembuh.

Untuk melakukan pengobatan terhadap penyakit ini harus mempertimbangkan beberapa faktor, yaitu ukuran kanker, usia penderita, tingkat stadium, kondisi psikis dan lain sebagainya. Pengobatannya pun dapat dilakukan oleh beberapa cara karena setiap pasien akan mendapatkan penanganan yang berbeda-beda sesuai dengan kondisinya.

1. Operasi Pengangkatan

Operasi pengangkatan uterus (kandungan) disebut dengan histerektomi yang dilakukan pada rahim vagina dan jaringan parametrium, selanjutnya akan dilakukan proses pembersihan bilaterial kelenjar getah bening pada panggul berdasarkan 4 jenis tingkatan :
  • Histerektomi parsial (subtotal) : operasi pengangkatan yang dilakukan hanya pada rahim, dengan melakukan  operasi ini kemungkinan penderita dapat terkena kanker kembali oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan rutin.
  • Histerektomi total : operasi pengangkatan mulut rahim dan rahim akan tetapi operasi ini tidak melakukan pengangkatan pada ovarium dan tuba falopi.
  • Histerektomi radikal : operasi pengangkatan kelenjar getah bening, serviks, rahim, jaringan panggul dan bagian atas vagina. Operasi dapat dilakukan melalui perut dan vagina.
2. Radioterapi

Radioterapi merupakan salah satu cara yang sering dilakukan untuk pengobatan kanker serviks, cara ini juga sangat cocok untuk segala jenis stadium. Cara ini dilakukan dengan menggunakan radiasi pengion pada dosis yang sesuai, sinar radiasi tersebut akan merusak sel kanker dan akan menghambat pembelahan sel. Pemberian radiasi pada penderita kanker serviks akan disesuaikan dengan ukuran, tipe dan stadium tumor. Cara ini dianggap sebagai pengobatan kanker serviks yang sangat baik akan tetapi akan memberikan efek samping pada perubahan tubuh, yaitu rambut dan kulit. 

3. Radiopartikel

Radiopartikel bertujuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan cara ini tidak akan menganggu kegiatan sehari-hari. Radioterapi merupakan cara yang menggunakan biji partikel seluas 1 hingga 7 cm yang kemudian akan memancarkan sinar gamma dan tidak menghancurkan sel-sel tubuh. Pengobatan ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kegagalan. 

Informasi tersebut merupakan cara yang umum digunakan para medis untuk pengobatan kanker serviks, oleh karena itu diharapkan agar penderita kanker serviks tidak putus asa karena sekarang sudah banyak teknologi yang berkembang untuk membantu penyembuhan dan dapat membantu meminimalisir kerugian yang ditimbulkan. (Baca Juga: Gejala Kanker Ovarium yang Perlu Diwaspadai )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D