5 Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Mentah

makanan mentah yang tidak boleh dikonsumsi
Semua bahan makanan dalam keadaan baik dapat diolah menjadi berbagai makanan yang menyehatkan bagi tubuh. Hal tersebut disebabkan karena bahan makanan seperti daging, sayuran dan buah-buahan mengandung gizi yang melimpah.

Namun, tidak semua bahan makanan tersebut dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah karena beberapa bahan makanan terdapat kandungan zat beracun yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia sehingga sangat dianjurkan untuk menghindari mengkonsumsinya dalam keadaan mentah.  Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai jenis makanan tersebut beserta efek yang ditimbulkan akibat zat beracun yang terdapat di dalamnya.

1. Terong

Di dalam terong terdapat kandungan zolanine yaitu zat yang dapat meracuni usus dan sistem syaraf. Selain itu, mengkonsumsi terong sebelum dimasak akan menimbulkan diare, kram perut, mual  dan muntah. Untuk itu, tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan ini dalam keadaan mentah.

2. Buncis

Buncis mentah memiliki kandungan senyawa cyanogenis glycoside yang merupakan salah satu asam amino beracun, oleh karena itu penting untuk tidak mengkonsumsi buncis dalam keadaan mentah. Kandungan zat beracun ini bisa dihilangkan dengan cara mencuci atau merendamnya dahulu sebelum dimasak.

3. Daging Ayam

Memang sangat jarang orang yang mengkonsumsi daging ayam mentah karena rasanya yang tidak enak dan baunya yang amis. Selain itu, daging ayam juga dipenuhi oleh bakteri yang harus dihilangkan sebelum dikonsumsi caranya adalah dengan memasaknya hingga matang secara merata.

4. Kentang

Di dalam kentang mentah terdapat kandungan zat beracun bernama chacocine, untuk itu kita perlu memasaknya sebelum mengkonsumsinya seperti dengan cara direbus, dikukus, atau digoreng

5. Kacang Merah

Kandungan zat berbahaya di dalam kacang merah disebut dengan lectin, zat tersebut dapat membuat orang yang mengkonsumsinya akan merasa mual dan pusing selama beberapa jam. Oleh karena itu kacang merah tidak diperbolehkan dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Semua makanan tersebut memang menyehatkan bagi tubuh namun kondisi tersebut akan berbeda apabila kita memilih bahan yang tidak baik dan tidak mengolahnya dengan benar. Oleh karena itu, penting untuk selalu memilih dan mengolah makanan dengan benar. (Baca Juga: Bahaya Makan Terlalu Cepat Sambil Terburu-buru )


Advertisement

Artikel Lainnya :-D