Penyebab Mata Minus dan Cara Mengatasinya secara Alami

Mata minus merupakan salah satu gangguan mata yang disebut dengan mata rabun karena tidak dapat melihat suatu objek dengan jelas, mata minus dibedakan menjadi dua yaitu mata minus rabun jauh dan mata minus rabun dekat, gangguan penyakit ini umumnya lebih banyak dialami oleh orang dewasa namun karena perkembangan teknologi dan faktor genetik banyak anak kecil yang sudah menderita mata minus.

Pada jaman modern ini sudah banyak diciptakan berbagai macam alat untuk proses terapi mata minus sehingga dapat mengurangi dan mengobatinya, namun mata minus juga dapat diatasi dengan cara alami yang mudah dan murah untuk dilakukan. Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara alami mengobati mata minus, berikut ini akan dijelaskan terlebih dahulu tentang penyebab utama mata minus :

Penyebab Mata Minus

1. Pola Hidup Yang Buruk

cara alami mengobati mata minusPada jaman modern ini teknologi berkembang sangat pesat, hal itulah yang membuat orang-orang jaman sekarang membiasakan pola hidup yang buruk karena lebih banyak menghabiskan waktu mereka di depan monitor dengan jarak pandang yang tidak teratur (terlalu dekat). Kebiasaan itulah yang dapat menyebabkan berbagai masalah gangguan pada mata seperti mata minus.

2. Faktor Genetika (Keturunan)

Seseorang penderita mata minus bisa disebabkan karena adanya faktor genetika atau keturunan yang berasal dari riwayat kesehatan anggota keluarga yang lebih tua.

3. Kurang Beristirahat

Terlalu memaksakan mata untuk bekerja lebih keras untuk menghadap monitor dalam waktu yang lama dapat menyebabkan mata minus atau mata rabun. Sebaiknya, istrihatkan mata terlebih dahulu setelah bekerja seharian di depan komputer.

3. Pola Makan Yang Kurang Baik

Pola makan yang kurang baik seperti mengabaikan mengkonsumsi sayuran yang bervitamin tinggi merupakan salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya mata minus.

Setelah mengetahui penyebab terjadinya mata minus, berikut ini barulah akan dijelaskan mengenai cara alami untuk mengobati mata minus.

Cara Alami Untuk Mengobati Mata Minus :

  1. Lepaskan kacamata jika dirasa kurang diperlukan, seperti pada saat berada di ruangan sempit, pada saat tidak bersekolah dan pada saat tidak bekerja.
  2. Kemudian, latihlah mata untuk melihat objek yang lebih jauh tanpa menggunakan kacamata.
  3. Latihlah mata untuk melihat benda-benda yang bergerak seperti mengamati laju lalu lintas di jalan.
  4. Mata minus bisa diobati dengan menggunakan daun sirih, caranya cukup menyiapkan 2 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih kemudian tempelkan pada mata ketika tidur.
  5. Jika terbiasa bekerja di depan komputer, luangkan waktu selama beberapa saat untuk mengistirahatkan mata dengan cara melihat pemandangan di luar jendela atau lingkungan sekitar.
  6. Mengatasi mata minus bisa dilakukan dengan terapi lilin, caranya cukup menyalakan lilin kemudian tataplah lilin tanpa berkedip.
  7. Biasakan memakai helm atau kacamata ketika berkendara supaya debu tidak masuk ke dalam mata
  8. Konsumsilah sayuran yang mengandung banyak mengandung vitamin A, seperti wortel dan apel.

 Untuk mendapatkan hasil yang maksimal terapkan cara tersebut secara teratur, penting juga untuk selalu menjaga kesehatan mata karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Baca juga: Bahaya Memakai Soflens atau Lensa Kontak terlalu Lama
Advertisement

Artikel Lainnya :-D