Manfaat Sendawa bagi Kesehatan Bayi

Bayi merupakan makhluk Tuhan yang lucu dan mengemaskan, sebagai orang tua tentunya menginginkan agar dia tumbuh dengan sehat walaupun merawatnya bukan sesuatu yang mudah, jika bayi mengalami sedikit gangguan seperti sendawa dan cegukkan pasti para orang tua cenderung merasa bingung untuk mengatasinya, padahal hal tersebut bukanlah masalah yang serius.

Bayi yang bersendawa setelah meminum susu yang biasanya bersamaan dengan gumoh (bayi yang mengeluarkan susu dari mulutnya) merupakan kondisi dimana mekanisme ventil yang dimiliki bayi belumlah sempurna karena bayi masih membutuhkan penyesuaian untuk sistem pencernaanya. 
Manfaat Sendawa bagi Kesehatan Bayi
Image Source: pixabay.com
Para medis mengungkapkan bahwa sendawa sangat bermanfaat untuk kesehatan bayi. Mengapa Demikian? Untuk mengetahui jawabannya pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai manfaat sendawa bagi bayi. 

Manfaat Sendawa Bagi Bayi  :


1. Mengatasi Perut Kembung

Ketika ibu menyusui bayinya seringkali udara ikut masuk bersamaan dengan susu yang diminum, kondisi tersebut menyebabkan volume udara ikut tertelan oleh bayi sehingga bayi akan menangis karena merasa tidak nyaman. Kondisi itu juga akan menyebabkan perut bayi menjadi kembung karena volume udara yang masuk tertahan di bagian atas lambung, hal tersebut bisa diatasi dengan cara menyendawakan bayi untuk melepas semua gelembung udara yang membuatnya merasa tidak nyaman. 

2. Mengatasi Bayi Yang Rewel

Selanjutnya, sendawa dapat mengurangi bayi yang rewel akibat kondisi perutnya yang tidak nyaman karena kondisi tersebut akan membuatnya menjadi sering menangis.

3. Mencegah Terjadinya Gumoh

Sendawa juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya gumoh pada bayi, gumoh merupakan kondisi dimana dia mengeluarkan cairan berupa susu dari mulutnya. 

Meskipun sendawa bermanfaat bagi kesehatan bayi, namun pada usia 0-4 bulan dia belum bisa melakukan sendawa sendiri sehingga diperlukan posisi yang tepat untuk membantu bayi bersendawa, berikut ini juga akan dijelaskan mengenai beberapa posisi yang akan membuat bayi bersendawa : 

1. Menghadap Ke Belakang

  • Letakanlah handuk kecil di bagian bahu untuk menahan muntahan bayi
  • Gendonglah bayi untuk dihadapkan ke belakang dengan ditopang di bagian bahu
  • Tegakkan tubuh bayi, lalu sandarkan kepalanya di bahu
  • Gunakanlah tangan untuk menahan tengkuk dan bokong bayi
  • Kemudian, gunakanlah tangan yang lain untuk mengelus-ngelus atau menepuk-nepuknya hingga bersendawa

2. Tengkurap Di Pangkuan

  • Posisikan bayi agar tengkurap di atas pangkuan
  • Topanglah bayi menggunakan tangan agar posisi kepalanya lebih tinggi dari tubuhnya
  • Tepuk-tepuklah punggungnya dengan perlahan hingga bersendawa

3. Digendong di Depan

  • Gendonglah bayi dengan cara menyangganya di bagian tengkuk dan bokong
  • Usahakan agar kepala bayi sedikit lebih tinggi
  • Letakanlah handuk kecil di dadanya untuk menampung muntahan
  • Tepuk-tepuklah punggung bayi hingga bersendawa
Itulah sedikit informasi mengenai manfaat sendawa bagi bayi dan cara-cara untuk membuatnya menjadi bersendawa, semoga informasi ini bermanfaat bagi para orang tua ketika menangani si buah hati. Baca juga: Penyebab dan Tips Mengatasi Cegukan pada Bayi
Advertisement

Artikel Lainnya :-D