Manfaat Kedelai Rebus / Hitam / Edaname bagi Kesehatan

Manfaat Kedelai Kedelai merupakan salah satu jenis kacang – kacangan yang memiliki jumlah protein yang sangat lengkap. Bagi seorang vegetarian, kedelai sangat cocok untuk pengganti daging dan susu sapi. Kedelai dapat diolah menjadi makanan yang sangat terkenal di Indonesia, contoh tempe, tahu, susu kedelai, tepung, dan kecap.

Kedelai banyak memiliki kandungan nutrisi di dalamnya, sehingga banyak masyarakat di Jepang dan China digunakan sebagai obat herbal. Kedelai dapat mengatasi osteoporosis, kanker, penyakit jantung, dan beberapa manfaat lainnya. Apa saja sih manfaat yang didapat ketika mengkonsumsi kedelai bagi kesehatan? Berikut jawabannya!

  • Sumber Antioksidan
Kedelai memiliki zat antioksidan jenis isoflavon yang dapat mengatasi radikal bebas akibat polusi dan sinar matahari. Sehingga mampu mencegah pertubuhan sel up normal penyebab kanker dan tumor. Selain itu, zat antioksidan tersebut dapat mencegah kerusakan dan memperbaiki sel yang rusak.
  • Mencegah Penyakit Jantung
Adanya kandungan antioksidan dan protein dalam kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan mencegah terjadinya pembekuan darah, sehingga mengakibatkan terjadi penyumbatan di pembuluh darah dan berujung pada serangan jantung.
  • Mengurangi Rasa Sakit Saat Haid
Bagi wanita, saat haid merupakan keadaan yang membuat rasa sakit sehingga menaikkan emosi dan kesensitifan para wanita. Karena itulah banyak orang yang mengatakan jika jangan mendekati wanita yang lagi haid, sebab bisa jadi sasaran kemarahannya. Namun jangan khawatir, sebab kedelai dapat mengurangi rasa sakit ketika mengalami haid.
  • Mencegah Osteoporosis
Antioksidan dalam kedelai dapat mencegah pengkikisan kepadatan tulang yang menyebabkan osteoporosis. Selain itu kandungan protein di dalamnya dapat membantu tubuh untuk menyerap kalsium pada tulang. Sehingga tulang dapat sehat dan terhindar dari pengeroposan tulang atau kepadatan tulang.
  • Menurunkan Berat Badan
Kedelai dapat membantu program penurunan berat badan atau diet. Sebab kedelai juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi di dalamnya. Ditambah lagi rendah kalori, sehingga membuat kenyang lebuh lama. 

Nah, itulah tadi manfaat kedelai untuk kesehatan. Jadi, kedelai merupakan tumbuhan dari jenis kacang – kacang yang olahanya sangat dikenal di Indonesia, seperti tempe, tahu, dan susu kedelai. Namun, tidak meninggalkan manfaat bagi kesehatan. Semoga bermanfaat! Jangan lupa juga untuk membaca:  Khasiat Minum Susu Kedelai untuk Tubuh agar Sehat Alami
Advertisement

Artikel Lainnya :-D