Manfaat Beras Merah untuk Program Diet & Kesehatan Tubuh

Nasi merupakan bahan makanan pokok yang selalu ada di meja makan masyarakat Asia, terutama Indonesia. Tidak lengkap rasanya jika makan tanpa nasi putih, bagi masyarakat Indonesia kurang afdol. Nah, nasi terbuat dari beras yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi nasi yang enak dan pulen. Jenis beras pun beragam, ada beras putih, beras merah, beras ketan hitam dan beras ketan putih. Semua jenis beras tersebut memiliki kandungan gizi yang berbeda – beda namun sama – sama mengandung karbohidrat yang dapat mengenyangkan, termasuk beras merah.

manfaat beras merah
Seperti namanya, beras ini dibedakan dari warnanya yang merah. Beras merah merupakan salah satu jenis beras yang sudah jarang dibudidayakan oleh para petani. Oleh karena itu, tak khayal harganya cukup mahal di pasaran. Namun, meskipun harganya sangat tinggi sepadan dengan manfaat yang diperoleh dari kandungan gizi dalam beras merah.

Dalam beras merah memiliki banyak kandungan gizi dan juga manfaat seperti antioksidan, mencegah diabetes, anti kanker, dan mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sayangnya beras jenis ini jarang dinikmati, sebab agak keras dan kurang pulen dibandingkan beras putih biasa. Selain itu, proses memasaknya yang memakan waktu cukup lama membuat beras ini kurang dinikmati. Namun, untuk mengakali lebih baik dibuat tepung beras merah yang dapat diolah menjadi bubur atau jenis makanan lainnya ang bergizi dan kaya akan manfaat bagi kesehatan. Nah, apa saja manfaat yang diperoleh dari beras merah bagi tubuh. Berikut ini penjelasannya!
  • Menurunkan Resiko Kanker
Manfaat dari beras merah salah satunya adalah dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker. Sebab, dalam beras merah memiliki kandungan polifenol, selenium, fenol, dan lignan yang sangat tinggi. Semua kandungan tersebut bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya sel penyebab kanker pada tubuh, seperti kanker usus besar atau kanker colon dan kanker payudara. Konsentrasi fenol di dalamnya juga lebih tinggi dibandingkan beras putih.
  • Mencegah Diabetes
Beras merah memiliki kandungan karbohidrat yang sama dengan jenis beras lainnya, namun yang membedakan adalah adanya serat yang membuat karbohidrat tersebut lebih lama untuk dicerna. Selain itu, kadar glikemik yang rendah dalam beras merah, sehingga aman bagi penderita diabetes.
  •  Menurunkan Kadar Kolesterol LDL
Kandungan serat yang dapat mudah larut dan kandungan minyak esensial dalam beras merah dapat bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Sehingga mampu mencegah penyumbatan pembuluh darah dan mencegah serangan jantung.
  • Melancarkan Pencernaan
Dengan adanya kandungan serat yang mudah larut, sehingga dapat memberikan banyak cairan ke organ usus dapat membuat proses pencernaan menjadi lancar. Selain itu juga dapat mencegah sembelit atau susah buang air besar.
  • Menurunkan Berat Badan
Seperti halnya jenis beras lainnya, beras merah lebih memiliki kandungan serat yang tinggi dan kadar glikemik yang rendah. Sehingga dapat dijadikan makanan untuk menunjang program diet. Selain itu, kandungan serat tersebut dapat mencegah penyakit kardiovaskular, memperlancar proses pencernaan dan  memberikan rasa kenyang yang lebih lama dalam porsi yang sedikit.
  • Menjaga Kesehatan Sistem Saraf
Adanya kandungan mineral mangan dalam beras merah yang diperlukan oleh tubuh dapat menjaga kesehatan sistem saraf. Sebab mineral mangan tersebut membatu tubuh untuk menghasilkan hormon dan asam lemak yang baik bagi tubuh.
  • Menyehatkan Tulang dan Gigi
Beras merah mengandung mineral magnesium yang cukup tinggi. Dalam secangkir beras merah mampu memenuhi kebutuhan magnesium harian sebanyak 21%. Magnesium berguna untuk mencegah osteoporosis dan memperbaiki kepadatan tulang. Bersama dengan jenis mineral dan vitamin lainnya, seperti kalsium serta vitamin D sangat baik untuk membuat tulang dan gigi tetap sehat.

Demikian tadi, manfaat mengkonsumsi beras merah untuk kesehatan dan program diet. Jadi, beras merupakan pilihan terbaik untuk program diet. Sebab, dalam beras merah terdapat kandungan serat yang dapat membantu proses pencernaan karbohidrat lebih lama dan adanya kandungan glikemik yang rendah. Sehingga aman juga untuk penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2. Selain itu, dengan adanya kandungan serat yang tinggi membuat beras merah membuat lebih lama kenyangnya. Semoga bermanfaat! Baca juga: Kandungan Nutrisi Lengkap Beras Merah
Advertisement

Artikel Lainnya :-D