Cara Meningkatkan Memori Otak Secara Alami & Sehat

Melemahnya sistem memori pada otak dapat mengakibatkan tidak berfungsi dengan maksimal dan menurunnya kemampuan mengingat. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa macam hal, seperti rutinitas dan aktivitas setiap hari yang tidak ada waktu untuk beristirahat. Sehingga membuat seseorang tersebut dapat cepat lesu dan lelah. Alhasil kemampuan mengingat menjadi buruk dan menjadi seorang yang pelupa. Begitu juga dengan faktor usia. Akibat bertambahnya usia seseorang, maka dapat berpengaruh terhadap kemampuan otak untuk mengingat. Semakin tua kemampuan mengingat menjadi menurun, sehingga sering banyak kita lihat orang tua yang pikun.
Cara meningkatkan memori otak secara alami dan sehat
Image Source: pixabay.com

Oleh karena itu, sejak usia muda asah kemampuan otak untuk mengingat. Hindari pula terlalu banyak beraktivitas sehingga lupa untuk beristirahat. Selain itu, untuk mengembalikan kemampuan otak untuk mengingat dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini!
  • Istirahat yang Cukup
Istirahat merupakan aktivitas yang wajib dilakukan setiap harinya. Sebab, istirahat sangat penting dan memiliki peran yang cukup penting untuk menjaga kesehatan serta kemampuan otak untuk berfikir. Selain itu, otak juga perlu istirahat yang cukup untuk menyegarkan, menyimpang ingatan dan meningkatkan fungsi otak. Sebaiknya gunakan waktu malam hari untuk beristirahat selama 8 jam per malamnya. Nah, waktu inilah yang cocok sekali untuk beristirahat. Hindari kebiasaan buruk begadang sampai larut malam. Sebab dapat mengurangi waktu istirahat dan tidak baik untuk kesehatan otak.
  • Olahraga
Olahraga merupakan kegiatan yang seharusnya dilakukan setiap hari, terutama pagi hari. Sebab, dengan minimal melakukan jalan kaki atau stretching saja dapat membantu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke otak. Apalagi apabila jalan pagi ke taman atau keliling kompleks dapat memelihara otak. Nutrisi dan kadar oksigen untuk otak dapat meningkat, sehingga dapat mengoptimalkan kemampuan otak untuk mengingat.
  • Tertawa
Tertawa menurut kebanyakan orang dapat membuat awet muda. Namun tidak hanya itu, ketawa juga dapat meningkatkan dan mengembalikan kemampuan otak untuk mengingat. Sebab, menurunnya fungsi dan kinerja otak dapat diakibatkan oleh perasaan lelah dan stress. Sehingga perlu mencari hal baru yang dapat mengembalikan mood dan bisa membuat tertawa. Perasaan senang dan bahagia dapat mengembalikan kemampuan dan fungsi otak untuk mengingat serta berpikir.
  • Fokus
Fokus dalam kehidupan sehari – hari amat sangatlah penting, supaya dapat menjaga dan meningkatkan kemampuan otak untuk berfikir serta mengingat. Pikiran yang tidak fokus dan terlalu rumit dapat menurunkan kemampuan otak dan menurunkan kemampuan mengingat. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memfokuskan pikiran yaitu dengan cara melakukan meditasi atau yoga.

Jadi, menurunnya kemampuan otak untuk mengingat tidak hanya disebabkan oleh faktor usia yang semakin menua. Namun, juga dapat disebabkan oleh berbagai faktor lainnya seperti stress dan lelah karena aktivitas yang padat. Sehingga membuat otak kurang istirahat untuk mengembalikan fungsi otak. Untuk mengembalikan kemampuan dan fungsi otak kembali dapat melakukan tips atau beberapa cara diatas dalam kehidupan sehari – hari.  Semoga bermanfaat! Baca juga: Penyebab Kecerdasan Otak Menurun
Advertisement

Artikel Lainnya :-D