Penyebab Penyakit Radang Selaput Otak (Meningitis) pada Orang Dewasa

Penyebab Penyakit Radang Selaput Otak

Radang Selaput Otak atau yang dikenal dengan penyakit meningitis adalah gejala peradangan yang terjadi pada sumsum tulang belakang dan lapisan selaput pelindung jaringan otak. Hal tersebut menyebabkan terjadinya eksudasi berupa serosa akibat virus dan bakteri. Biasanya penyakit Meningitis disebabkan oleh adanya kanker, jamur, mikroorganisme, luka fisik, atau obat-obatan tertentu yang dikonsumsi. Keadaan seperti itu dapat menimbulkan adanya parasit yang melebur di dalam darah yang menyebar ke dalam otak.

Penyebab Penyakit Radang Selaput OtakPenyakit Miningitis dikategorikan sebagai penyakit yang serius karena mengingat letak penyakit ini berada dekat dengan sumsum tulang belakang dan otak, sehingga dapat berakibat pada kerusakan saraf pengerak, kerusakan pemikiran bahkan dampak buruknya adalah akan berujung pada kematian. Baru-baru ini sudah ramai tersiar kabar bahwa penyakit radang selaput otak (Meningitis) menimpah salah satu komedian tersohor di Indonesia yaitu Olga Syahputra, karena penyakit yang dideritanya mengharuskan Olga untuk menjalani perawatan kesehatan intensif hingga ke Singapura.

Pasien yang telah didiagnosa penyakit meningitis sangat dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut karena sangat diperlukan melakukan tindakan sesuai dengan penyebab terjadinya penyakit itu sendiri. Masing-masing penyakit meningitis akan mendapatkan tindakan pengobatan dan terapi sesuai dengan penyebabnya. Berikut ini adalah 2 jenis penyakit meningitis beserta penjelasannya :

Jenis Penyakit dan Penyebab Meningitis


1. Meningitis Bakteri : Sesuai dengan namanya, penyakit meningitis ini disebabkan oleh bakteri. Penyakit meningitis bakteri dianggap sebagai penyakit yang tidak bisa dianggap sepele karena harus mendapatkan pengobatan dan pengawasan serius untuk mencegah kerusakan otak dan keluhan tubuh berkelanjutan. Selain itu meningitis jenis ini juga akan berujung pada kematian.

2. Meningitis Viral : Penyakit meningitis ini biasanya tidak menyebabkan dampak yang serius. Dalam kondisi yang parah biasanya, penyakit meningitis viral dapat menyebabkan panas berkepanjangan disertai dengan kejang-kejang.

Tadi telah dijelaskan mengenai jenis penyakit meningitis karena penyebabnya. Berikut ini akan dijelaskan mengenai penyebab timbulnya penyakit meningitis:

Pada dasarnya penyakit meningitis ini disebabkan oleh paparan virus tidak berbahaya yang akan pulih dengan sendirinya walau tanpa melakukan pengobatan dan perawatan yang spesifik. Namun, penyakit meningitis yang disebabkan oleh bakteri akan berdampak pada kondisi yang serius seperti kerusakan otak, hilangnya kemampuan belajar karena daya pemikiran yang terus menurun kemudian akan terjadi gangguan tubuh lainnya khususnya gangguan pada sistem gerak.

Penyakit jenis ini merupakan jenis penyakit yang menular, biasanya penyakit ini dapat menular melalui media peralatan makan dan bisa juga dari handuk dan tissue penderita. Selain itu, penyakit ini juga dapat menular melalui ingus saat penderita sedang bersin, cairan ludah. Untuk itu sangat perlu sekali untuk menerapkan pola hidup sehat dengan mengedepankan kebersihan supaya tubuh tidak mudah rentan tertular suatu penyakit. Jangan lupa baca juga: Waspadai 10 penyebab kecerdasan otak menurun!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D