Manfaat Pisang Mas bagi Kesehatan

Pisang adalah buah yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Menurut golongannya pisang dibagi menjadi tiga, diantaranya adalah pisang hias, serat dan buah. Pisang buah adalah jenis yang dapat dikonsumsi. Ada 230 jenis pisang buah di Indonesia salah satunya adalah pisang mas. Di daerah tertentu buah ini disebut dengan pisang emas atau pisang muli. Buah ini memiliki rasa yang manis dan legit.
  
Manfaat Pisang MasPisang mas memiliki aroma yang khas, selain itu juga memiliki kulit yang tipis dengan warna kulit terang. Buah ini merupakan buah yang populer sebagai pencuci mulut karena memiliki porsi yang pas, sehingga tidak membuat perut begah karena kekenyangan. Selain nikmat untuk dikonsumsi secara langsung, buah tersebut juga banyak diolah menjadi makanan lain, seperti jus, kolak, pudding, kue, dan es krim.

Khasiat Pisang Emas untuk Tubuh


Pisang merupakan salah satu buah yang mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh, berikut ini akan diuraikan mengenai manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

1. Sumber Energi Bagi Tubuh
Seperti dengan jenis pisang lainnya, pisang mas juga dimanfaatkan sebagai sumber energi bagi tubuh. Hal itu disebabkan karena di dalamnya terdapat kandungan kalori yang mudah diserap oleh tubuh. Fakta ini juga terbukti dengan adanya penelitian yang menyatakan bahwa buah ini adalah makanan pokok nenek moyang manusia pada ribuan tahun yang lalu.

2. Mencegah dan Mengobati Penyakit Anemia
Buah pisang mas memiliki kandungan zat besi, vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Kandungan tersebut berfungsi untuk mencegah dan mengobati penyakit anemia. Selain itu juga mempunyai kandungan yang kaya akan asam folat. Asam folat adalah senyawa yang dibutuhkan oleh wanita yang sedang hamil untuk membantu pertumbuhan otak janin.

3. Pembersih Wajah dan Menyehatkan Kulit
Selain daging buah, kulit buahnya juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Manfaat kulit pisang mas untuk kulit berguna untuk membersihkan kulit wajah dengan mengangkat sel-sel kulit mati. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara mengosokkan kulit pisang bagian dalam pada wajah, kemudian diamkan selama 45 hingga 60 menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dianjurkan melakukannya setiap hari dalam dua kali sehari.


Selain enak dan nikmat untuk dikonsumsi, buah pisang mas juga mempunyai manfaat untuk kesehatan, diantaranya adalah berguna untuk sumber energi bagi tubuh, mencegah dan mengobati penyakit anemia, serta kulit buahnya juga berguna untuk pembersih wajah dan menyehatkan kulit. Jadi, janganlah ragu untuk mengkonsumsinya. Dan jangan lupa baca juga: Khasiat Buah Pisang
Advertisement

Artikel Lainnya :-D